PENINGKATAN KEMAMPUAN MELIPAT PAKAIAN MELALUI METODE ANALISIS TUGAS DALAM KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI BAGI ANAK TUNAGRAHITA TIPE SEDANG KELAS V C1 DI SLB BHAKTI WIYATA WATES KULON PROGO

Shinta, Mayangsari (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MELIPAT PAKAIAN MELALUI METODE ANALISIS TUGAS DALAM KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI BAGI ANAK TUNAGRAHITA TIPE SEDANG KELAS V C1 DI SLB BHAKTI WIYATA WATES KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SHINTA MAYANGSARI_11103241061.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan melipat pakaian pada siswa tunagrahita tipe sedang kelas V C1 melalui metode analisis tugas di SLB Bhakti Wiyata. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian adalah siswa tunagrahita tipe sedang kelas V C1 di SLB Bhakti Wiyata sejumlah 2 orang. Penelitian dilaksanakan 2 siklus dengan kolaborasi antara peneliti dan guru. Siklus I dan II masing-masing terdiri dari 3 pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes unjuk kerja dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif kuantitatif dengan penyajian data berupa tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode analisis tugas dapat meningkatkan kemampuan melipat pakaian pada anak tunagrahita tipe sedang. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil tes pada siklus I bahwa kedua subyek mengalami peningkatan dibandingkan tes kemampuan awal. Pada siklus I terdapat 1 anak yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal sehingga dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II kedua subyek telah mencapai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan yaitu sebesar 65. Subyek HK dan TW memperoleh nilai sebesar 72,5 dan 92,5 pada tes pasca tindakan siklus II. Dapat disimpulkan bahwa metode analisis tugas dapat meningkatkan kemampuan melipat pakaian siswa tunagrahita tipe sedang kelas V C1 di SLB Bhakti Wiyata, Wates, Kulon Progo.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 23 Nov 2015 09:44
Last Modified: 30 Jan 2019 05:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28472

Actions (login required)

View Item View Item