Pengembangan Model Permainan Tradisional untuk Membangun Karakter (Kerjasama, Kejujuran, Percayadiri, dan Peduli Sesama) pada Siswa SD Kelas Atas

Widodo, Puput (2015) Pengembangan Model Permainan Tradisional untuk Membangun Karakter (Kerjasama, Kejujuran, Percayadiri, dan Peduli Sesama) pada Siswa SD Kelas Atas. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-puput-widodo-13711251004.swf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model permainan tradisional untuk membangun karakter (kerjasama, kejujuran, percayadiri, dan peduli Sesama) pada siswa SD kelas atas. Model permainan tradisional yang dikembangkan diharapkan dapat digunakan oleh guru penjasorkes sekolah dasar sebagai bentuk pembelajaran permainan sederhana baik dan efektif pada siswa SD kelas atas serta dapat digunakan untuk membangun karakter (kerjasama, kejujuran, percayadiri, dan peduli sesama) pada anak SD kelas atas. Penelitian ini mengadaptasi penelitian dan pengembangan pendidikan model Borg & Gall dengan menyederhanakan menjadi 2 tahapan sebagai berikut: (1) tahap pra-pengembangan, tahapan ini meliputi; (a) kajian literatur dan penelitian relevan dan (b) studi lapangan, (2) tahap pengembangan, tahapan ini meliputi; (a) penyusunan draf, (b) validasi ahli, (c) uji coba model skala kecil, (d) uji coba model skala besar, dan (e) produk akhir. Uji coba skala kecil dilakukan terhadap 30 anak kelas atas SDN Aditirto Pejagoan Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Uji coba skala besar dilakukan terhadap 130 anak kelas atas dari SD Negeri 1 Karangpoh, 26 siswa SD Negeri 1 Logede, 22 siswa SD Negeri 4 Pejagoan, 24 siswa SD Negeri 1 Kebulusan, dan 30 siswa SD Negeri 3 Kebulusan Kecamatan Pejagoan, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah wawancara, kuisioner penilaian karakter permainan tradisional, kuisioner observasi pengembangan permainan tradisional, kuisioner observasi keefektifan model permainan tradisional, kuisioner penilian observasi ahli media, dan kuisioner evaluasi siswa. Hasil penelitian berupa pengembangan model permainan tradisional terdiri dari 3 jenis permainan yaitu: (1) permainan goteng, (2) lari papan/segi empat, dan (3) kasti tangan. Model disusun dalam buku panduan berjudul “Panduan Bermain Tradisional dalam Membangun Karakter: Pembelajaran Pendidikan Jasmani bagi Anak Sekolah Dasar Kelas Atas” dan DVD pengembangan model permainan tradisional. Berdasarkan penilaian para ahli materi dan guru penjasorkes dapat disimpulkan bahwa pengembangan model permainan tradisional yang disusun sangat baik dan efektif, sehingga model permainan layak digunakan untuk pembelajaran pendidikan jasmani pada siswa kelas atas.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Model, permainan tradisional, karakter, pendidikan jasmani, sekolah dasar
Subjects: Olahraga > Peraturan, Pedoman, Juknis
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Nov 2015 03:19
Last Modified: 09 May 2019 03:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28351

Actions (login required)

View Item View Item