PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI GUNA MENINGKATKAN PRESTASI DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TUNE-UP MOTOR BENSIN DI SMK MUHAMMADIYAH CAWAS KLATEN

Asung Tri, Nugraha (2012) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI GUNA MENINGKATKAN PRESTASI DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TUNE-UP MOTOR BENSIN DI SMK MUHAMMADIYAH CAWAS KLATEN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abtrak.pdf

Download (290kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar dan keaktifan belajar siswa melalui penerapan metode pembelajaran secara demonstrasi pada mata pelajaran tune-up motor bensin di SMK Muhammadiyah Cawas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), yang pada prosesnya menerapkan metode pembelajaran demonstrasi. PTK ini ada 4 tahapan yang dilakukan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Objek penelitian ini adalah siswa kelas XE MO1 di SMK Muhammadiyah Cawas dengan jumlah 36 siswa. Pelaksanaan penelitian ini menerapkan 3 siklus. Perencanaan siklus I berdasarkan studi pendahuluan, pelaksanaannya yaitu menyampaikan materi dengan metode pembelajaran demonstrasi yaitu menunjukkan prosedur dan cara secara langsung dengan alatnya, setelah melihat demonstrasi siswa diberi tugas merangkum apa yang telah mereka dapat dari apa yang mereka lihat, begitu juga pada siklus II dan III. Pengamatan keaktifan siswa dalam penerapan pembelajaran secara demonstrasi dipantau melalui observasi langsung ke dalam kelas pada saat proses belajar dan mengajar berlangsung. Sedangkan prestasi belajar siswa diukur dengan melaksanakan tes awal pada awal pertemuan dan mengadakan tes akhir pada akhir pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah siswa diberi perlakuan pembelajaran secara demonstrasi didapatkan peningkatan prestasi belajar pada saat observasi didapat nilai rata-rata 3,9, siklus I nilai rata-rata sebesar 6,3, siklus II nilai rata-rata sebesar 7,2 dan siklus III nilai rata-rata sebesar 7,8 . Sedangkan peningkatan keaktifan belajar sebesar 60%. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi dan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran tune-up motor bensin di SMK Muhammadiyah Cawas.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2012 01:44
Last Modified: 29 Jan 2019 15:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2834

Actions (login required)

View Item View Item