PEMANTAPAN JATI DIRI IPS MENGANTISIPASI PERUBAHAN KURIKULUM PERSEKOLAHAN

Sardiman (2012) PEMANTAPAN JATI DIRI IPS MENGANTISIPASI PERUBAHAN KURIKULUM PERSEKOLAHAN. In: PIDATO ILMIAH DIES NATALIS FIS KE-47.

[img] Text
9. Sardiman (2012).docx

Download (3MB)

Abstract

Menyoal kembali tentang pendidikan IPS di Indonesia sebenarnya cukup melelahkan tetapi juga menantang. Pasalnya sejak IPS ini menjadi mata pelajaran di sekolah dari kelahirannya sampai sekarang ini masih menghadapi berbagai permasalahan, termasuk permasalahan jati diri. Tetapi menjadi menantang kalau posisi pendidikan IPS dikaitkan dengan hakikat kehidupan berbangsa dan bernegara. Pendidikan IPS sebenarnya memiliki peran penting dalam membangun harmonisasi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan ernegara (perhatikan pernyataan Albert Einstein di atas). Secara historik konon kabarnya pelajaran social studies dapat menjadi instrumen politik untuk memperbaiki kehidupan masyarakat. Sebagai contoh di Inggris dan juga di Amerika Serikat. Pertama kali social studies ini diperkenalkan di kota Rugby, Inggris sekitar tahun 1827. Oleh Thomas Arnold social studies ini kemudian dimasukkan alam kurikulum sekolah yang dipimpinnya. Social studies ini dimaksudkan sebagai pelajaran untuk memperbaiki kehidupan remaja dan masyarakat yang sedang kacau seperti diskriminasi dekadensi moral, anarkhisme dan kekerasan dari si kaya kepada si papa dan miskin. Kehidupan ini terjadi setelah sekitar setengah abad terjadinya revolusi industri. Di benak Thomas Arnold social studies merupakan salah satu instrumen penting untuk mengatasi kebobrokan kehidupan masyarakat di Inggris. Dengan social studies ini Thomas Arnold ingin melakukan rehumanisasi anak-anak yang fisik dan jiwanya masih lentur. Secara bertahap eksperimen Thomas Arnold ini membuahkan hasil. (Esterlita Pratiwi, 2011). Dimulai dari perbaikan perilaku para peserta didik dengan lingkungannya kemudian ditiru oleh sekolah-sekolah dan guru-guru yang lain. Terjadi proses normalisasi kehidupan bermasyarakat di Inggris.

Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 17 Nov 2015 07:46
Last Modified: 17 Nov 2015 07:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28316

Actions (login required)

View Item View Item