EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN IPS METERI SEJARAH DENGAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SANDEN TAHUN AJARAN 2009-2010

Kusmiyati (2010) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN IPS METERI SEJARAH DENGAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SANDEN TAHUN AJARAN 2009-2010. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN IPS METERI SEJARAH DENGAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SANDEN TAHUN AJARAN 2009-2010.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran sekolah di Sekolah Menegah Pertama (SMP), umumnya masih menggunakan metode konvensional, seperti ceramah tanpa menggunakan media pembelajaran. Penggunaan media sebagai variasi dalam pembelajaran perlu dilakukan, salah satunya media gambar. Pembelajaran dengan menggunakan media gambar dapat merangsang perhatian siswa. Perpaduan wama yang menarik dapat menambah kesan nyata (realisme) pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar dan motivasi belajar siswa yang menggunakan media gambar dengan yang tidak menggunakan media gambar pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sanden Tahun Ajaran 2009/2010. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan kualitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas vn yang berjumlah 216 siswa. Pemilihan sampel untuk data kuantitatif dilakukan dengan teknik purposive random sampling terhadap 72 siswa. Sedangkan untuk data kualitatif dengan teknik purposive sampling terhadap 10 siswa, yang dirasa mewakili informasi. Adapun desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah control group pre-test post-test design. Untuk menguji validitas data kuantitatif digunakan rumus product moment, sedangkan reliabilitasnya diuji dengan program iteman. Selanjutnya pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis statistik uji-t. Untuk menguji validitas data kualitatif digunakan teknik triangulasi. Pengambilan data kuantitatif menggunakan angket motivasi belajar siswa dan tes pre stasi belajar siswa. Sedangkan pengambilan data kualitatif menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen rerata nilainya 48,78 sedangkan kelas kontrol rerata nilainya 44,33. Dari hasil uji-t dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa yaitu t nilai thitung> tlabel yaitu 8,528 > 1,6669. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signiftkan prestasi belajar sejarah yang menggunakan media gambar dengan yang tidak menggunakan media gambar. Prestasi belajar sejarah yang menggunakan media gambar rerata nilainya 57,19 sedangkan yang tidak menggunakan media gambar rerata nilainya 56,25. Dari hasil uji-t dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa yaitu t nilai thitung > tlabel yaitu 4,55 > 1,6669. Hasil observasi dan wawancara diketahui dengan penggunaan media gambar dapat memotivasi siswa untuk belajar, pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Kata kunci: Media gambar, Pembelajaran IPS materi sejarah, SMP N 2 Sanden

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 17 Nov 2015 01:13
Last Modified: 30 Jan 2019 05:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28276

Actions (login required)

View Item View Item