POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BINA DIRI SISWA AUTIS USIA REMAJA SLB CITRA MULIA MANDIRI

Tri, Miranti Handayani (2015) POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BINA DIRI SISWA AUTIS USIA REMAJA SLB CITRA MULIA MANDIRI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
TRI MIRANTI HANDAYANI_11103244047.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola asuh orang tua terhadap pendidikan pengembangan kemampuan bina diri siswa autis usia remaja di SLB Citra Mulia Mandiri. Selain itu, mendeskripsikan factor pendorong dan penghambat orang tua dalam pola asuh orang tua terhadap tindak lanjut pendidikan pengembangan kemampuan bina diri siswa autis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini keluarga (para orang tua) yang memiliki siswa autis dengan kemampuan bina diri ada yang sudah baik dan masih rendah yang bersekolah di SLB Citra Mulia Mandiri sejumlah 3 keluarga, serta informan yaitu guru kelas masing-masing anak autis sebagai pendukung melengkapai informasi dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi mengenai aktivitas bina diri siswa autis selama di sekolah, wawancara mengenai pola pengasuhan orang tua sarta dokumentasi sebagai data pendukung. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data/penyajian data, dan tahap kesimpulan/ mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh yang diberikan orang tua terhadap perkembangan bina diri siswa autis yaitu 2 (dua) keluarga mengarah pada mengarah pada pola asuh demokratis dan 1 (satu) keluarga mengarah pada pola asuh campuran yaitu pola asuh demoktaris dan permisif. Untuk pola asuh otoriter cenderung tidak ditemukan pada ketiga keluarga dalam penelitian ini.. Factor penghambat yang dialami orang tua dalam mengasuh anak autis yaitu ketidakahlian orang tua (parents’ lack of experts) dan adanya ketidakyakinan orang tua terhadap masa depan anak-anaknya (siswa autis) kelak. Selain itu, terdapat pula factor yang mendorong orang tua untuk selalu memberikan pendidikan kepada siswa autis yaitu salah satunya harapan orang tua kepada anak-anaknya agar kelak bisa menolong dirinya sendiri dan tidak tergantung pada orang lain.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 16 Nov 2015 02:41
Last Modified: 30 Jan 2019 05:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28222

Actions (login required)

View Item View Item