PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBATIK PADA SISWA AUTISTIK DI SEKOLAH LANJUTAN AUTIS (SLA) FREDOFIOS YOGYAKARTA

Trise, Friday Nugraha (2015) PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBATIK PADA SISWA AUTISTIK DI SEKOLAH LANJUTAN AUTIS (SLA) FREDOFIOS YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
TRISE FRIDAY NUGRAHA_11103241022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam pembelajaran keterampilan membatik di Sekolah Lanjutan Autis (SLA) Fredofios Yogyakarta. Penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 6 siswa autistik, serta guru pembelajaran keterampilan membatik, kemudian wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, dan guru pendamping. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data peneliti menggunakan tringulasi. Analisis data melalui tahapan reduksi data, display data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini ialah pembelajaran keterampilan membatik siswa autistik di SLA Fredofios meliputi beberapa tahap yaitu: 1) Tahap persiapan untuk siswa DO, KI merupakan siswa yang aktif dan antusias dalam pembelajaran sehingga tidak memiliki masalah pada pengkondisian awal. Berbeda dengan siswa DI, OK, RS yang merupakan siswa yang pasif sehingga pada awal pembelajaran guru akan lebih banyak menginstruksikan. Pada siswa SI setiap awal pembelajaran harus dikondisikan secara khusus oleh guru dikarenakan karakter siswa yang masih streotip. 2) Tahap pelaksanaan untuk siswa DO, KI dalam pelaksanaan pembelajaran keterampilan membatik dapat melakukannya dengan baik dengan sedikit intruksi dan juga bimbingan. Siswa DI, OK, RS harus banyak diinstruksi kemudian didemonstrasikan dan praktek langsung yang dibimbing oleh guru secara penuh. SI merupakan siswa yang moody sehingga dalam pelaksanaan pembelajaran membatik siswa tidak bisa dipaksa, guru selalu memberikan reward positif agar siswa mau melakukannya. 3) Tahap evaluasi yaitu mengevaluasi dalam pembelajaran keterampilan membatik di SLA Fredofios dilakukan setiap hari dengan mengisi buku harian siswa. Keenam siswa autistik yang mengikuti pembelajaran keterampilan membatik mampu melaksanakan pembelajaran keterampilan membatik dengan hasil yang bervariasi dikarenakan karakteristik dan kemampuan siswa yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 16 Nov 2015 02:37
Last Modified: 30 Jan 2019 05:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28220

Actions (login required)

View Item View Item