PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN TEMPEL TERHADAP KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSAKATA PADA ANAK AUTIS KELAS VI DI SLB DHARMA BHAKTI PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA

Yunita, Ilmasari (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN TEMPEL TERHADAP KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSAKATA PADA ANAK AUTIS KELAS VI DI SLB DHARMA BHAKTI PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
YUNITA ILMASARI_11103241010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh media papan tempel terhadap penguasaan kosakata pada anak autis kelas VI di SLB Dharma Bhakti Piyungan Bantul Yogyakarta. Pengaruh media papan tempel dapat dilihat dari berkurangnya frekuensi kesalahan pada tes kemampuan penguasaan kosakata setelah diberikan intervensi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan adalah single subject research (SSR) dengan metode A-B-A’. Subjek penelitian merupakan satu siswa autis kelas VI. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan observasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif yang ditampilkan dalam bentuk tabel dan grafik. Tes kemampuan penguasaan kosakata jenis sayur dan buah di sekitar anak, meliputi tes lisan dan menjodohkan pada baseline-1, intervensi dan baseline-2 mengalami perubahan. Adanya perubahan pada frekuensi kesalahan tes kemampuan penguasaan kosakata setelah diberikan intervensi. Adapun jumlah frekuensi kesalahan tes kemampuan penguasaan kosakata pada baseline-1: (A) yaitu: A1=7, A2=6, A3=7. Frekuensi kesalahan subjek saat sesi intervensi (B) yaitu: B1=5, B2=5, B3=4, B4=4, B5=5, B6=4, sedangkan frekuensi kesalahan pada tes kemampuan penguasaan kosakata baseline-2: (A’) yaitu: A1=3, A2=3, A3=2. Kesimpulannya adalah media papan tempel mempunyai pengaruh terhadap penguasaan kosakata pada anak autis. Pengaruh tersebut dapat dilihat dari berkurangnya frekuensi kesalahan yang dilakukan subjek pada baseline 1, intervensi dan baseline 2.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 16 Nov 2015 02:20
Last Modified: 30 Jan 2019 05:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28211

Actions (login required)

View Item View Item