EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE JARIMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN SISWA TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN KELAS XI DI SLB C DAN C1 YAKUT PURWOKERTO

Zulfa, Kartika Purbiningtyas (2015) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE JARIMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN SISWA TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN KELAS XI DI SLB C DAN C1 YAKUT PURWOKERTO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
ZULFA KARTIKA P_11103241075.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode jarimatika terhadap kemampuan berhitung penjumlahan pada siswa tunagrahita kategori ringan kelas XI di SLB C dan C1 YAKUT Purwokerto. Tujuan penelitian ini dilihat dari kemampuan awal siswa sebelum dan sesudah penerapan jarimatika berdasarkan kriteria keefektivan yaitu adanya peningkatan kemampuan berhitung penjumlahan siswa. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan subjek tunggal (SSR) dengan desain A-B-A. Subjek penelitian adalah seorang siswa kelas XI di SLB C dan C1 YAKUT Purwokerto. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara: tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode jarimatika efektif terhadap kemampuan berhitung penjumlahan siswa tunagrahita kelas XI di SLB C dan C1 YAKUT Purwokerto. Hal ini ditunjukan dengan (1) meningkatnya mean level berurutan dari fase A-B-A yaitu 51,67%, 79,17%, dan 88,33%, (2) perubahan kestabilan data pada setiap fase menunjukkan data yang stabil (100%) dan menunjukkan arah menaik, (3) adanya perubahan level data antara fase B/A1 sebesar (20+) dan antara fase fase A2/B sebesar (+5), (4) persentase data overlap yang didapat yaitu 0% pada fase B/A1 dan 33,33% pada fase A2/B, dan (5) siswa merasa senang dalam menggunakan metode jarimatika saat diwawancarai secara langsung.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 16 Nov 2015 02:16
Last Modified: 30 Jan 2019 05:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28209

Actions (login required)

View Item View Item