Pelaksanaan Pelayanan Bus Trans Jogja Berdasarkan Standar Operasi Pelayanan dan Pengoperasian Bus

Nugraha, Arya Adhi (2015) Pelaksanaan Pelayanan Bus Trans Jogja Berdasarkan Standar Operasi Pelayanan dan Pengoperasian Bus. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
SKRIPSI (REVISI) 11417141033.swf - Published Version

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pelayanan bus Trans Jogja berdasarkan Standar Operasi Pelayanan dan Pengoperasian bus yang telah ditetapkan. Penelitian ini penting dilakukan untuk melihat permasalahan yang terdapat dalam pelaksanaan pelayanan bus Trans Jogja beserta faktor pendukung atau penghambat sehingga bisa diambil upaya untuk memperbaiki pelayanan Bus Trans Jogja. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah pihak-pihak yang melaksanakan pelayanan dan yang mendapat pelayanan yakni, karyawan PT. Trans Tugu Jogja, UPTD Trans Jogja Dishubkominfo DIY, awak bus dan masyarakat pengguna bus Trans Jogja. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti yang bertugas sebagai pengumpul data dengan terjun langsung ke lapangan guna keperluan pengumupulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode dan teknik analisis menggunakan tiga tahap yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, maka pelaksanaan pelayananan bus Trans Jogja berdasarkan Standar Operasi Pelayanan dan Pengoperasian bus belum berjalan dengan baik. Prinsip-prinsip pelayanan publik juga belum semua diterapkan dengan baik. Standar yang belum berjalan dengan baik antara lain Standar Kendaraan, Standar Operasi Pelayanan dan Standar Keselamatan, sedangkan yang sudah berjalan baik tetapi belum maksimal adalah Standar Layanan Pelanggan dan Standar Pelaporan. Faktor pendukung dari pelayanan bus Trans Jogja adalah adanya pengawasan baik internal ataupun eksternal dan terdapatnya nomor telepon untuk menampung aspirasi masyarakat. Sedangkan faktor penghambat pelayanan bus Trans Jogja adalah komitmen pegawai yang masih rendah, adanya sikap toleransi terhadap masalah dan pola koordinasi yang kurang baik antara pihak PT. Jogja Tugu Trans dengan UPTD Trans Jogja Dishubkominfo DIY. Kata Kunci : Pelayanan, Standar Operasi Pelayanan dan Pengoperasian bus

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Administrasi Publik
Depositing User: Admin Administrasi Negara FIS
Date Deposited: 16 Nov 2015 00:51
Last Modified: 30 Jan 2019 05:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28204

Actions (login required)

View Item View Item