PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP, SCIENCE PROCESS SKILLS DAN TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK SMA

Yulianti, Tri (2015) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP, SCIENCE PROCESS SKILLS DAN TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
tri yulianti_29 Juni 2015.doc

Download (82kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kelayakan perangkat pembelajaran fisika berbasis scientific approach yang layak digunakan (2) peningkatan penguasaan konsep fisika peserta didik yang belajar dengan perangkat pembelajaran scientific approach yang telah dikembangkan, (3) ketercapaian science process skills (keterampilan proses skill) peserta didik MAN Yogayakarta III yang belajar dengan perangkat pembelajaran berbasis scientific approach yang telah dikembangkan, (4) ketercapaian sikap tanggung jawab peserta didik yang belajar dengan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian menggunakan model 4D yaitu define, design, develope, dan disseminate. Perangkat pembelajran yang dikembangkan menggunakan scientific approach yaitu RPP, LKPD, lembar observasi science process skills, tes evaluasi science process skills (pretest-posttest). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan sekaligus digunakan sebagai instrumen dalam penelitian ini. Sebelum diujicobakan, perangkat pembelajaran divalidasi oleh dosen fisika dan guru fisika MAN Yogyakarta III kemudian diujicobakan di kelas X MIA 4 MAN Yogyakarta III. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan rata-rata, persentase dan gain. Reliabilitas instrumen menggunakan percentage agreement. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) telah dihasilkan perangkat pembelajaran berbasis scientific approach dengan kategori penilaian “sangat baik” serta mempunyai nilai reliabilitas lebih dari 75% sehingga layak digunakan. (2) peningkatan penguasaan konsep peserta didik setelah menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan sebesar 32% dengan standar gain sebesar 0,65 dengan kategori sedang, (3) aspek ketercapaian science process skill setelah menggunakan perangkat yang dikembangkan sebesar 91,5 % dengan standar gain 0,65 dengan kategori sedang, (4) aspek ketercapaian sikap tanggung jawab peserta didik setelah menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan sebesar 85,09%. Kata kunci: Perangkat Pembelajaran, Scientific Approach, Penguasaan Konsep, Science Process Skills, Tanggung Jawab.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 13 Nov 2015 06:36
Last Modified: 30 Jan 2019 05:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28181

Actions (login required)

View Item View Item