PROFIL DISTRIBUSI AMPLITUDO BUNYI PERANGKAT DAZUMBA DZ 8000 MENGGUNAKAN SUMBER BUNYI GAMELAN BLAGANJUR YANG MEMENGARUHI PERTUMBUHAN TIKUS PUTIH (Rattus norvegicus) SEBAGAI ALTERNATIF PENGENDALIAN HAMA TERPADU

Yuliasih, Riskiana (2015) PROFIL DISTRIBUSI AMPLITUDO BUNYI PERANGKAT DAZUMBA DZ 8000 MENGGUNAKAN SUMBER BUNYI GAMELAN BLAGANJUR YANG MEMENGARUHI PERTUMBUHAN TIKUS PUTIH (Rattus norvegicus) SEBAGAI ALTERNATIF PENGENDALIAN HAMA TERPADU. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
RISKIANA YULIASIH_31 AGUSTUS 2015.docx

Download (15kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil distribusiamplitudo bunyi perangkat Dazumba dz 8000 menggunakan suara gamelan Blaganjur yang terpapar pada kandang tikus putih (Rattus norvegicus) dalam fase menyusui yang diduga memengaruhi parameter pertumbuhan tikus putih. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen yang terdiri atas satu kelompok tikus perlakuandan satu kelompok tikuskontrol. Kelompok perlakuan terdiri dari tiga keluarga tikus putih dengan pemaparan bunyi gamelan Blaganjurpada puncak frekuensi dominan 104,974 Hzdan kelompok tikus kontrol terdiri dari tiga keluarga tikus putih tanpa dikenai pemaparan bunyi gamelan Blaganjur. Pengukuran nilai amplitudo bunyi dilakukan dengan merekam bunyi gamelan dari sumber suara Dazumba dz 8000 pada variasi jari-jari 50 – 150 cm dengan interval 25 cm dan sudut pengukuran 0o – 350o dengan interval 10o. Amplitudo bunyi dalam penelitian ini dinyatakan sebagai variabel tegangan dengan satuan millivolt. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemaparan bunyi gamelan Blaganjur memengaruhi pola menyusui dan tingkat aktivitas dari induk tikus putih sehingga menghambat pertumbuhan anakan tikus putih. Pada puncak frekuensi 104,974 Hz, profil distribusi amplitudo menunjukkan pola melingkar. Pada tikus putih kelompok perlakuan terjadi penurunan laju pertumbuhan dan kematian pada beberapa anakan tikus. Kata kunci : Blaganjur, profil distribusi amplitudo bunyi, dan tikus putih (Rattus norvegicus).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 10 Nov 2015 06:18
Last Modified: 30 Jan 2019 05:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28098

Actions (login required)

View Item View Item