PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR I MELALUI MEDIA PERMAINAN SCRABBLE DI SLB WIYATA DHARMA 1 SLEMAN YOGYAKARTA

Pradita, Rizky Wirawan (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR I MELALUI MEDIA PERMAINAN SCRABBLE DI SLB WIYATA DHARMA 1 SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
PRADITA RIZKY WIRAWAN_11103244022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan anak tunarungu kelas dasar 1 melalui media permainan Scrabble di SLB Wiyata Dharma 1 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian berjumlah 4 orang di kelas dasar 1 yang terdiri dari 2 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes menulis permulaan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni teknik komparatif yaitu membandingkan hasil pre tes kemampuan awal dan hasil pos tes siklus 1 dan 2. Proses peningkatan menulis permulaan dilakukan dari melakukan pre tes untuk mengetahui kemampuan awal, pre tes menunjukkan bahwa subjek belum mencapai KKM yang ditentukan yaitu 70, kemudian dilakukan tindakan siklus 1. Tindakan dilakukan dengan menjelaskan dan mencontohkan susunan alphabet menggunakan media permainan Scrabble. Pos tes siklus 1 menunjukkan peningkatan namun masih terdapat siswa yang belum mencapai KKM 70 dengan demikian dilakukan tindakan siklus 2 dan pos tes siklus 2 dengan tindakan yang berbeda yaitu guru memberi contoh untuk bermain menyusun alphabet menggunakan media permainan Scrabble dan merangkai menjadi kata di atas papan permainan Scrabble. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media permainan Scrabble dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan anak tunarungu kelas dasar 1. Hal itu dibuktikan dengan adanya peningkatan dari kemampuan awal subjek AL yang mendapat skor 62, LT mendapat skor 56, MR mendapat skor 53, dan BN mendapat skor 52. Setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 menunjukkan peningkatan pada subjek AL sebesar 19% dengan skor 81, subjek LT sebesar 20% dengan skor 76, subjek MR sebesar 18% dengan skor 71, dan subjek BN sebesar 16% dengan skor 68. Kemudian setelah diberi tindakan siklus 2 dan dilakukan pos tes siklus 2 menunjukkan peningkatan pada subjek AL sebesar 5% dengan skor 86, subjek LT sebesar 6% dengan skor 82, subjek MR sebesar 8% dengan skor 79, dan subjek BN sebesar 10% dengan skor 78. Hasil tindakan siklus 2 menunjukkan bahwa hasil masing-masing subjek meningkat dan mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan sebesar 70 sehingga tindakan dihentikan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 09 Nov 2015 09:35
Last Modified: 30 Jan 2019 05:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28093

Actions (login required)

View Item View Item