PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN LINGKUNGAN ALAM SEKITAR PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS III SDLB DI SLB NEGERI 1 SLEMAN YOGYAKARTA

Nurul, Azizah Zain (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN LINGKUNGAN ALAM SEKITAR PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS III SDLB DI SLB NEGERI 1 SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
NURUL AZIZAH ZAIN_10103244012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi siswa sekolah dasar kelas III di SLB N 1 Sleman ialah rendahnya prestasi belajar IPA, dibuktikan dengan nilai KKM yang belum mencapai 65%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPA dengan pendekatan lingkungan alam sekitar dalam mengenal bagian tubuh tumbuhan bagi siswa tunagrahita ringan kelas III SDLB/C di SLB Negeri 1 Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian Kemmis dan Taggart dalam dua siklus. Subjek penelitian terdiri dari 2 siswa tunagrahita ringan kelas III SDLB/C di SLB Negeri 1 Sleman Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan lingkungan alam sekitar dapat meningkatkan prestasi belajar IPA dalam mengenal bagian tubuh tumbuhan bagi siswa tunagrahita ringan kelas III di SLB Negeri 1 Sleman Yogyakarta. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan tercapainya KKM yang telah ditentukan sekolah, yaitu 65%. Sebelum diberikan tindakan, terlebih dahulu peneliti memberikan beberapa soal untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Adapun nilai kemampuan awal yang diperoleh siswa GCP ialah 58,75%, sedangkan siswa ABA 51,25%. Peningkatan pada siklus I terjadi karena adanya tindakan selama pelaksanaan siklus I, guru memberikan penjelasan mengenai bagian tumbuhan akar, batang, daun yang dipelajari oleh siswa termasuk fungsi dan manfaatnya. Pada siklus II subjek GCP mendapat nilai 90,00% dan subjek ABA mendapatkan nilai 86,25%. Peningkatan pada siklus II terjadi karena pemberian bimbingan pada masing-masing siswa secara bertahap dengan pengulangan agar siswa lebih mudah mengingat sehingga dapat mengerjakan soal secara mandiri. Kesimpulan akhir adalah melalui penerapan pendekatan lingkungan alam sekitar, prestasi belajar IPA pada siswa tunagrahita ringan kelas III SDLB/C di SLB Negeri 1 Sleman Yogyakarta meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 09 Nov 2015 09:29
Last Modified: 30 Jan 2019 05:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28091

Actions (login required)

View Item View Item