PENGURANGAN PERILAKU SELF INJURY MENGGUNAKAN PROSEDUR DIFFERENTIAL REINFORCEMENT OF ALTERNATIVE BEHAVIOR PADA SISWA AUTISTIK DI SEKOLAH LUAR BIASA CITRA MULIA MANDIRI YOGYAKARTA

Nurgina, Fauziaty (2015) PENGURANGAN PERILAKU SELF INJURY MENGGUNAKAN PROSEDUR DIFFERENTIAL REINFORCEMENT OF ALTERNATIVE BEHAVIOR PADA SISWA AUTISTIK DI SEKOLAH LUAR BIASA CITRA MULIA MANDIRI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
NURGINA FAUZIATY_11103241065.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh prosedur Differential Reinforcement of Alternative Behavior terhadap pengurangan perilaku self injury pada siswa autistik di Sekolah Luar Biasa Citra Mulia Mandiri Yogyakarta. Desain penelitian yang digunakan ialah A1-B-A2 dalam bentuk riset subjek tunggal (Single Subject Research). Metode yang digunakan dalam pengumpulan data ialah metode observasi dan wawancara. Analisis data berupa analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi digunakan dalam penelitian ini menggunakan belah tengah (split middle). Subjek dalam penelitian ini ialah seorang siswi autistik kelas 5 tingkat SDLB yang memperlihatkan perilaku self injury secara berulang di Sekolah Luar Biasa Citra Mulia Mandiri Yogyakarta. Objek dalam penelitian ini ialah perilaku self injury dalam frekuensi dan durasi. Hasil penelitian memperlihatkan adanya pengaruh negatif penggunaan prosedur Differential Reinforcement of Alternative Behavior terhadap pengurangan perilaku self injury pada siswa autistik dari segi frekuensi kejadian dan juga durasi kejadian. Bukti keberhasilan penelitian ini ialah presentase overlap sebanyak 0%. Bukti lainnya ialah frekuensi kejadian berkurang sebanyak 6 kali di fase baseline (A2) dibanding fase baseline (A1) dan durasi kejadian yang juga berkurang sebanyak 21 detik pada fase baseline (A2) dibanding fase baseline (A1).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 06 Nov 2015 10:16
Last Modified: 30 Jan 2019 05:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28030

Actions (login required)

View Item View Item