PROFIL IDENTIFIKASI KEMAMPUAN ARTIKULASI ANAK AUTISTIK KELAS 1 SEKOLAH DASAR DI SEKOLAH LUAR BIASA AUTIS CITRA MULIA MANDIRI KALASAN SLEMAN

Nugroho, Irvan Susanto (2015) PROFIL IDENTIFIKASI KEMAMPUAN ARTIKULASI ANAK AUTISTIK KELAS 1 SEKOLAH DASAR DI SEKOLAH LUAR BIASA AUTIS CITRA MULIA MANDIRI KALASAN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
NUGROHO IRVAN SUSANTO_11103241078 (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan artikulasi dan kesalahan-kesalahan artikulasi anak autistik kelas 1 Sekolah Dasar di Sekolah Luar Biasa Autis Citra Mulia Mandiri Kalasan Sleman. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian kelas 1 Sekolah Dasar berjumlah 2 siswa, dilaksanakan pada semester genap antara bulan April hingga Mei 2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan panduan wawancara dan observasi. Pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan artikulasi subjek FB masih mengalami kesulitan pada pengucapan huruf /b/, /d/, /g/, /m/, /s/, /x/, /z/. Pada pengucapan suku kata yang diawali dengan huruf /c/, /k/, /m/, /n/, /r/, /q/ dan /f/, /h/, /v/, /x/, /z/ sangat lemah dan diberikan bantuan. Pada pengucapan kata, subjek melakukan omisi huruf /m/, /n/, /k/, /r/, /ng/ dan melakukan subtitusi pada huruf /t/, /p/, /d/, dan, /b/. Sedangkan pada subjek TB mengalami kesulitan pada pengucapan huruf /d/, /m/, /o/, /w/ dan pada pengucapan suku kata yang diawali dengan huruf /b/, /m/, /n/, /r/. Pada pengucapan kata subjek melakukan omisi huruf /n/, /ng/, /r/, /m/, /l/dan melakukan subtitusi pada huruf //p/, /n/, /l/, /t/, /j/, /w/, dan/y/.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 06 Nov 2015 10:12
Last Modified: 30 Jan 2019 05:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28029

Actions (login required)

View Item View Item