PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA BANGUN DATAR MELALUI MEDIA PAPER CLAY PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB SEKAR TERATAI I SRANDAKAN

Noor, Addina (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA BANGUN DATAR MELALUI MEDIA PAPER CLAY PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB SEKAR TERATAI I SRANDAKAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
NOOR ADDINA_08103244011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika bangun datar siswa tunagrahita ringan kelas II di SLB Sekar Teratai I Srandakan melalui media paper clay. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian Kemmis dan Mc Tanggart. Subyek penelitain adalah dua siswa tunagrahita ringan kelas II di SLB Sekar Teratai I Srandakan. Penelitian terdiri dari dua siklus dengan berkolaborasi guru kelas. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah diterapkan pembelajaran matematika bangun datar melalui media paper clay dapat meningkatkan prestasi belajar siswa tunagrahita ringan. Peningkatan pada siklus I yaitu subyek I 20% kemampuan awal 48% menjadi 68%; subyek II sebesar 20% kemampuan awal 44% menjadi 64%. Hasil siklus I perbaikan belum optimal dan belum memenuhi kriteria keberhasilan. Peningkatan pada siklus II yaitu subyek I 32% kemmapuan awal 48% menjadi 80% dan subyek II sebesar 28% kemampuan awal 44% menjadi 72%. Peningkatan tersebut diperoleh dengan mengulang siklus I ditambah bahan materi mengenal bangun datar, mengelompokan bangun datar sesuai jenis-jenis bangun datar dan kuis, serta memberikan catatan, memberikan bimbingan berupa pendampingan individual dalam menggunakan media paper clay dan lebih fokus pada siswa yang lemah, serta menguatkan dengan pemberian catatan. Hasil siklus II memenuhi kriteria keberhasilan sebesar 65%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 06 Nov 2015 10:09
Last Modified: 30 Jan 2019 05:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28028

Actions (login required)

View Item View Item