PENGARUH MEDIA SCRABBLE WORD BERGAMBAR TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAGI ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR I SLB B KARNNAMANOHARA YOGYAKARTA

Murti, Sarining Laras (2015) PENGARUH MEDIA SCRABBLE WORD BERGAMBAR TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAGI ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR I SLB B KARNNAMANOHARA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
MURTI SARINING LARAS_11103241019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Scrabble Word Bergambar terhadap penguasaan kosakata siswa tunarungu kelas Dasar 1 di SLB B Karnnamanohara Yogyakarta. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Desain yang digunakan adalah bentuk desain one group pretes posttest design. Subjek dalam penelitian ini berjumlah lima siswa kelas Dasar 1. Waktu penelitian yaitu bulan Maret 2015. Metode pengumpulan data yang digunakan dengan metode tes dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik nonparametrik dengan mengunakan analisis tes rangking bertanda Wilcoxon. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa, ada pengaruh media Scrabble Word Bergambar terhadap penguasaan kosakata anak tunarungu kelas Dasar 1 SLB B Karnnamanohara Yogyakarta, hal ini dapat dilihat dari hasil uji tes signifikansi dan didukung hasil deskriptif pre-test serta post-test dari penguasaan kosakata dengan menggunakan media Scrabble Word Bergambar. Dari hasil penelitian uji sigifikansi ditemukan Ttabel mempunyai kemungkinan sama atau lebih kecil dari T hitung yaitu 0 (p≤0,05), maka Ho ditolak. Kemudian data hasil penelitian ini didukung hasil deskriptif diketahui bahwa hasil pencapaian posttest lebih baik dari hasil pencapaian pretest.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 06 Nov 2015 10:05
Last Modified: 30 Jan 2019 05:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28026

Actions (login required)

View Item View Item