Meilina, Dwi Rahayu (2015) PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BENDA MELALUI MEDIA POWERPOINT PADA ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR 2 DI SLB BHAKTI KENCANA BERBAH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
MELINA DWI RAHAYU_11103241015.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata benda melalui media powerpoint pada anak tunarungu kelas Dasar 2 di SLB Bhakti Kencana Berbah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan subjek penelitian 2 siswa tunarungu yang ada di kelas Dasar 2. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Siklus pertama terdiri dari 3 pertemuan dan siklus kedua terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus diakhiri dengan kegiatan post test. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik desktiptif, penyajian data dalam bentuk tabel dan diagram batang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media powerpoint dapat meningkatkan penguasaan kosakata benda anak tunarungu. Pada tes kemampuan awal subyek 1 (Fj) memperoleh nilai 46,7 meningkat menjadi 55,6 pada tes pasca tindakan siklus I dan meningkat menjadi 86,7 pada tes pasca tindakan siklus II. Subyek 2 (Pt) memperoleh nilai 55,6 meningkat menjadi 71,1 pada tes pasca tindakan siklus I dan meningkat menjadi 93,3 pada tes pasca tindakan siklus II. Pada siklus I, kosakata dikenalkan dengan guru melakukan tanya jawab tentang materi yang diajarkan, mengamati gambar pada powerpoint; menyebutkan nama gambar yang ada pada powerpoint, menirukan ucapan guru tentang nama gambar pada powerpoint, menuliskan nama gambar pada powerpoint, melakukan latihan soal pada powerpoint. Pada tindakan siklus II, pembelajaran hampir sama seperti siklus I tetapi dimodifikasi dengan mengajak siswa untuk mengingat kosakata yang telah diajarkan, mengamati gambar pada powerpoint, menyebutkan nama gambar pada powerpoint, menirukan ucapan guru tentang nama gambar pada powerpoint, menuliskan nama gambar pada powerpoint dengan bimbingan guru, melakukan latihan soal pada powerpoint, bersikap tegas apabila ada siswa yang kurang memperhatikan pada saat proses pembelajaran, lebih memotivasi siswa untuk mempelajari kembali kosakata yang telah diajarkan, lebih sering memberikan reward berupa pujian dan tepuk tangan. Hasil tes pasca tindakan siklus II, subjek 1 (Fj) memperoleh nilai 86,7 sedangkan subjek 2 (Pt) memperoleh nilai 93,3. Kesimpulannya adalah media powerpoint dapat meningkatkan penguasaan kosakata benda anak tunarungu.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa |
| Depositing User: | Admin Pendidikan Luar Biasa FIP |
| Date Deposited: | 06 Nov 2015 10:03 |
| Last Modified: | 30 Jan 2019 05:17 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28025 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
