EFEKTIVITAS MEDIA PERMAINAN PLAYDOUGH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA ANAK AUTIS KELAS 1 SD DI SLB N 1 BANTUL

Kurniati, Rahayu (2015) EFEKTIVITAS MEDIA PERMAINAN PLAYDOUGH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA ANAK AUTIS KELAS 1 SD DI SLB N 1 BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
KURNIATI RAHAYU_11103241066.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media permainan playdough untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak autis kelas I SD di SLB N 1 Bantul. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan adalah A1-BA2. Subjek penelitian yaitu seorang anak autis kelas 1 SD, berjumlah 1 orang siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan mengenal lambang bilangan dan panduan observasi yang digunakan selama fase intervensi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan ditampilkan dengan bentuk tabel serta grafik. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan media permainan playdough efektif untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak autis kelas I SD di SLB N 1 Bantul. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase mean level yang diperoleh dri fae baseline-1(A1) ke baseline-2 (A2) yaitu dari 38,8% menjadi 97,2%. Hal ini berarti terdapat kenaikan sebesar 58,4%. Selain dibuktikan dengan data mean level yang meningkat dari setiap fase, juga ditambah dengan data overlap yang persentasenya kecil atau bahkan tidak ada data yang overlap atau data tumpang tindih. Data ini mengindikasikan bahwa semakin kecil persentase overlap, maka makin baik pengaruh intervensi terhadap target behavior. Sedangkan mean level yang semakin meningkat menunjukkan data kemampuan mengenal lambang bilangan pada setiap fase mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 30 Oct 2015 09:28
Last Modified: 30 Jan 2019 05:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27830

Actions (login required)

View Item View Item