DESKRIPSI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS SISWA AUTIS KELAS VI DI SLB MA’ARIF BANTUL YOGYAKARTA

Kiki, Amalia (2015) DESKRIPSI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS SISWA AUTIS KELAS VI DI SLB MA’ARIF BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
KIKI AMALIA_10103241020.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis pada siswa autis kelas VI mendeskripsikan kemampuan dan kesulitan siswa autis dalam mengikuti pembelajaran menulis, serta mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan dalam pembelajaran menulis pada siswa autis di SLB Ma’arif Bantul. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah dua siswa autis dan seorang guru kelas. Penelitian dilakukan selama dua bulan. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dengan menggunakan metode triangulasi. Adapun analisis data dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan pembelajaran menulis belum tercapai secara maksimal. Materi pelajaran yang digunakan masih mengacu pada kurikulum di SD umum. Metode pembelajaran yang digunakan yakni metode membaca dan menulis permulaan, demonstrasi, dan pemberian tugas.Media yang digunakan masih terbatas yaitu buku tulis, papan tulis dan media untuk melatih keterampilan motorik halus. Evaluasi dilakukan dengan analisis tugas dan dideskripsikan. Hasil kemampuan menulis pada subjek I masih memerlukan bantuan guru seperti tahapan menjiplak dan menebalkan. Subjek II dapat melakukan seluruh tahapan menulis namun masih memerlukan bantuan pada tahapan menuliskan pikiran dan pengalaman dengan huruf sambung. Upaya yang ditempuh guru dalam mengatasi kesulitan adalah melakukan setting ruang kelas, mengkombinasikan metode, mengoptimalkan pendekatan kepada siswa, dan melatih kemampuan motorik halus siswa dengan media yang tersedia di sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 30 Oct 2015 09:26
Last Modified: 30 Jan 2019 05:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27829

Actions (login required)

View Item View Item