PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI PADA ANAK TUNARUNGU KELAS 3 SDLB WIYATA DHARMA I TEMPEL YOGYAKARTA

Iswanti, * (2015) PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI PADA ANAK TUNARUNGU KELAS 3 SDLB WIYATA DHARMA I TEMPEL YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
ISWANTI_09103244039.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata melalui penggunaan media gambar seri pada anak tunarungu kelas 3 SDLB Wiyata Dharma I Tempel Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian anak tunarungu kelas Dasar 3 yang berjumlah 3 anak. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus I terdiri dari 3 pertemuan dan siklus II dilakukan 3 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk tabel dan grafik histogram, kemudian diolah dan dianalisis dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Penerapan media gambar seri pada siklus I dengan dilakukan dengan tindakan memperlihatkan gambar seri, membagikan gambar seri dan mencari gambar benda yang kemudian menyebutkan nama benda secara bersama, selanjutnya peningkatan kosakata pada siklus II tidak terlepas dari perbaikan tindakan dari siklus sebelumnya yaitu dengan lebih melibatkan anak untuk lebih aktif dalam pembelajaran dengan mencari, menjawab, menuliskan nama benda di papan tulis dan memberikan semangat dengan reward. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguasaan kosakata dapat ditingkatkan melalui penggunaan media gambar seri pada anak tunarungu kelas III SDLB Wiyata Dharma I Tempel Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan penguasaan kosakata subyek ACK mendapatkan 53,33% pada kemampuan awal meningkat menjadi 71,11% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 82,22% pada siklus II, kemudian subyek STA mendapatkan 57,78% pada kemampuan awal meningkat menjadi 68,89% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 80% pada siklus II dan terakhir subjek AYP mendapatkan 42,22% pada kemampuan awal meningkat menjadi 73,33% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 77,78% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penguasan kosakata anak tunarungu kelas 3 SDLB Wiyata Dharma 1 Tempel Yogyakarta meningkat setelah digunakan media gambar seri.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 03 Nov 2015 01:32
Last Modified: 30 Jan 2019 05:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27826

Actions (login required)

View Item View Item