PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP KONKRET DAN ABSTRAK MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA ANAK TUNARUNGU KELAS II DI SLB WIYATA DHARMA 1 TEMPEL SLEMAN

Ferry, Rahmania Kusumawardhani (2015) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP KONKRET DAN ABSTRAK MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA ANAK TUNARUNGU KELAS II DI SLB WIYATA DHARMA 1 TEMPEL SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
FERRY RAHMANIA KUSUMAWARDHANI_10103244037.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep konkret dan abstrak melalui pendekatan pembelajaran berbasis proyek pada anak tunarungu kelas II di SLB Wiyata Dharma 1 Tempel. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian adalah tiga siswa tunarungu kelas II di SLB Wiyata Dharma 1 Tempel. Penelitian terdiri dari dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif serta penyajian data dalam bentuk tabel dan grafik histogram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan pemahaman konsep konkret dan abstrak siswa tunarungu. Hasil tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya skor hasil akhir pemahaman konsep masing-masing subjek yaitu subjek UL sebesar 85, subjek WA sebesar 75 dan subjek NA sebesar 90. Kesimpulan akhir adalah melalui pendekatan pembelajaran berbasis proyek, pemahaman konsep konkret dan abstrak siswa meningkat, dapat diihat dari rata-rata kelas sebesar 83,33.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 30 Oct 2015 09:09
Last Modified: 30 Jan 2019 05:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27824

Actions (login required)

View Item View Item