PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP TUMBUHAN MELALUI METODE KARYAWISATA BAGI ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN KELAS V DI SLB BAKTI SIWI SLEMAN

Fatkhah, Nur Widdiyati (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP TUMBUHAN MELALUI METODE KARYAWISATA BAGI ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN KELAS V DI SLB BAKTI SIWI SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
FATKHAH NUR W_11103244025.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep tumbuhan bagi siswa tunagrahita kategori ringan kelas V SLB Bakti Siwi dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui metode karyawisata. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak tunagrahita kategori ringan kelas V di SLB Bakti Siwi dengan jumlah satu anak. Penelitian dilakukan dalam dua siklus tindakan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan metode karyawisata dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam tentang tumbuhan dapat meningkatkan pemahaman konsep tumbuhan pada anak tunagrahita kategori ringan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan skor pada siklus I mencapai persentase sebesar 38,83 % dari nilai pra tindakan sebesar 40 menjadi 63,3. Hasil tindakan siklus II nilai yang diperoleh 76,67 dengan peningkatan pemahaman konsep tumbuhan mencapai persentase sebesar 61,12 %. Penerapan metode karyawisata dalam penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahapan yakni (1) guru menetapkan lokasi yang terdapat berbagai tumbuhan; (2) anak diajak masuk kelas dan guru mengkondisikan anak untuk belajar; (3) guru memberikan pengantar materi tentang tumbuhan sesuai sub materi yang akan diajarkan; (4) guru membagikan lembar kerja; (5) anak diajak keluar kelas (berkaryawisata) dan melakukan pengamatan tumbuhan sambil menikmati pemandangan kebun; (6) guru memberikan bimbingan seperti anak diminta menunjukkan bagian batang, memetik daun, memetik bunga, menunjuk atau memetik buah yang sudah matang dan mencabut tanaman seperti yang dicontohkan oleh guru (7) guru menjelaskan fungsi setiap bagian tumbuhan dan manfaat bagian tumbuhan tertentu bagi manusia; (8) anak mengisi lembar kerja sesuai hasil pengamatan dan penjelasan guru; (9) anak diajak kembali ke kelas dan menyimpulkan materi yang telah dipelajari (10) guru memberi pesan dan motivasi dilanjutkan menutup pembelajaran. Hasil tindakan pada siklus II menunjukkan bahwa kemampuan anak sudah dapat melebihi KKM sebesar 70. Oleh karena itu pemberian tindakan dihentikan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 03 Nov 2015 01:32
Last Modified: 30 Jan 2019 05:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27820

Actions (login required)

View Item View Item