HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN INTELEKTUAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS 2 SEMESTER II SMA NEGERI 3 TEGAL TAHUN AJARAN 2003/2004

Asri Nur, Prihatin (2010) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN INTELEKTUAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS 2 SEMESTER II SMA NEGERI 3 TEGAL TAHUN AJARAN 2003/2004. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
HUBUNGAN_ANTARA_KECERDASAN_INTELEKTUAL_DAN.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini disusun berdasarkan penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 3 Tegal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang positifdan bermakna antara : (1) kecerdasan inteiektual dan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar kimia, (2) kecerdasan intelektual dengan prestasi belajar kimia, (3) kecerdasan emosional dengan prestasi belajar kimia. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 2 semester II SMA Negeri 3 Tegal tahun ajaran 2003/2004 yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah 280 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil 5 kelas secara cluster random sampling dengan jumlah siswa 175. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kecerdasan intelektual yang telah dilakukan oleh Biro Konsultasi Lembaga Psikologi PSiKOANALiSA Yogyakarta yang bekerja.sama dengan pihak sekolah SMA Negeri 3 Tegal, angket kecerdasan emosional dengan reliabilitas angket 0,918 dan soal prestasi belajar kimia dalam bentuk objektif pilihan ganda dengan reliabilitas soal 0,936. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi dua prediktor, dengan kecerdasan intelektual (Xl) dan kecerdasan emosional (X,,) sebagai prediktor dan prestasi belajar kimia (Y) sebagai kriterium. Berdasarkan k0maSIS diperoleh persamaan regresi sebagai berikut : Y = 0,201 Xl + 0,034 XZ -10,628, dengan harga R(l,2) 0,225 (p = 0,012). Harga rl(y_2) 0,162 (p = 0,031) dan %,_l) 0,162 (p = 0,031). Harga sumbangan relatif dari prediktor X1= 50,130% dan prediktor XZ = 49,870%. Harga sumbangan efektif dari prediktor Xl = 2,532 % dan prediktor XZ = 2,518. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan bermakana antara kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar kimia. Ada hub-angan yang positif dan bermakna zntara kecerdasan intelektual dengan prestasi belajar kimia. Ada hubungan yang positif dan bermakna antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar kimia.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 07 Aug 2012 01:45
Last Modified: 29 Jan 2019 15:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2782

Actions (login required)

View Item View Item