PENINGKATAN KEMAMPUAN BINA DIRI ANAK AUTIS DALAM BERPAKAIAN MELALUI METODE LATIHAN (DRILL) DI SEKOLAH KHUSUS AUTIS BINA ANGGITA YOGYAKARTA

Eva, Rosmaini (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN BINA DIRI ANAK AUTIS DALAM BERPAKAIAN MELALUI METODE LATIHAN (DRILL) DI SEKOLAH KHUSUS AUTIS BINA ANGGITA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
EVA ROSMAINI_11103244026.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bina diri anak autis dalam berpakaian melalui metode latihan (drill) di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita Yogyakarta. Peningkatan dari metode latihhan (drill) dapat dilihat dari perubahan peningkatan kemampuan dari siklus I ke siklus II. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc Taggart yang mempunyai empat tahap dalam setiap siklus. Subjek penelitian merupakan satu siswa autis kelas 2 Sekolah Dasar. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah panduan observasi dan instrumen tes kemampuan berpakaian. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif yang ditampilkan dalam bentuk tabel dan grafik . Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode latihan (drill) dapat meningkatkan kemampuan bina diri berpakaian pada anak autis yang ditunjukkan dengan perubahan peningkatan kemampuan dari siklus I ke siklus II setelah dilakukan perbaikan dan pembelajaran berulang-ulang. Subjek antusias dan bersemangat mengikuti intruksi guru untuk latihan memakai pakaian secara bertahap dan berulang-ulang sehingga kemampuan bina diri berpakaian subjek meningkat. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya hasil tes kemampuan berpakaian yang telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal yaitu 65%. Peningkatan kemampuan bina diri berpakaian anak autis dapat dilihat dari presentase pencapaian yang diperoleh pada kemampuan pra-tindakan (pre-test), post-test siklus I, dan post-test siklus I. Subjek pada kemampuan pra-tindakan (pre-test) presentase pencapaian 45%, meningkat menjadi 55% pada post-test siklus I, meningkat lagi menjadi 65% pada post-test siklus II dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 30 Oct 2015 08:46
Last Modified: 30 Jan 2019 05:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27819

Actions (login required)

View Item View Item