KEEFEKTIFAN MEDIA LKS WORD SQUARE TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN KELAS V DI SLB KASIH IBU YOGYAKARTA

Dina, Supangga (2015) KEEFEKTIFAN MEDIA LKS WORD SQUARE TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN KELAS V DI SLB KASIH IBU YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
DINA SUPANGGA_11103241076.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan media LKS word square terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita kategori ringan kelas V di SLB Kasih Ibu Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan subjek tunggal (SSR). Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, metode observasi, dan metode dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan penyajian datanya melalui grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media LKS word square efektif terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan bagi anak tunagrahita kategori ringan kelas V di SLB Kasih Ibu Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dengan kemampuan membaca permulaan siswa pada fase baseline-1 stabil pada persentase 65,82%, fase intervensi stabil pada persentase 80,07%, dan fase baseline-2 stabil pada persentase 90,82%. Berdasarkan hasil analisis, diketahui data overlap memiliki persentase kecil yaitu 0% dan 33,33%. Hal ini mengindikasikan bahwa pengaruh intervensi terhadap target behavior dapat diyakini. Selain itu, keefektifan media LKS word square juga ditunjukkan dengan terpenuhinya tujuan pembelajaran yang terdapat dalam RPP dengan persentase sebesar 85%-95%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 30 Oct 2015 08:41
Last Modified: 30 Jan 2019 05:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27818

Actions (login required)

View Item View Item