PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN KELAS DASAR 3 DI SLB NEGERI 1 SLEMAN YOGYAKARTA

Diana, Rochmawati (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN KELAS DASAR 3 DI SLB NEGERI 1 SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
DIANA ROCHMAWATI_10103244024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar ilmu pengetahuan alam menggunakan media video pada anak tunagrahita kategori ringan kelas dasar 3 di SLB Negeri 1 Sleman Yogyakarta. Siswa tunagrahita kategori ringan kelas dasar 3 di SLB Negeri 1 Sleman memiliki prestasi belajar ilmu pengetahuan alam di bawah KKM yaitu 70%. Subyek penelitian ini adalah siswa tunagrahita kategori ringan kelas dasar 3 di SLB Negeri 1 Sleman Yogyakarta berjumlah 1 siswa dengan inisial WAF. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yakni siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, dokumentasi dan teknik tes prestasi belajar.Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah panduan observasi kinerja guru, panduan observasi partisipasi siswa dan tes prestasi belajar ilmu pengetahuan alam. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dilengkapi dengan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video dapat meningkatkan prestasi belajar ilmu pengetahuan alam pada anak tunagrahita kategori ringan kelas dasar 3 di SLB Negeri 1 Sleman Yogyakarta. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan tercapainya KKM yang telah ditentukan sekolah, yakni 70%. Sebelum pemberian tindakan siklus I terlebih dahulu peneliti memberikan tes kemampuan awal. Nilai tes kemampuan awal yang diperoleh siswa adalah 60,00% dan masuk kategori cukup. Setelah diberikan tindakan siklus I berupa penggunaan media video, prestasi belajar ilmu pengetahuan alam siswa mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut berupa perolehan nilai dalam tes pasca tindakan siklus I yakni 77,00% dan masuk kategori baik. Pada siklus II dilakukan beberapa modifikasi dalam proses pembelajaran. Hasil tes pasca tindakan siklus II nilai yang di dapat siswa adalah 91,00% dengan kategori sangat baik. Adapun presentase peningkatan prestasi belajar ilmu pengetahuan alam pada anak tunagrahita kategori ringan kelas dasar 3 di SLB Negeri 1 Sleman Yogyakarta dari tes kemampuan awal hingga tes pasca tindakan siklus II adalah sebesar 31,00%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 03 Nov 2015 01:32
Last Modified: 30 Jan 2019 05:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27817

Actions (login required)

View Item View Item