KEEFEKTIFAN PENDEKATAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPAKAIAN PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG KELAS IV DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA

Devi, Nur Endah Rohmawati (2015) KEEFEKTIFAN PENDEKATAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPAKAIAN PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG KELAS IV DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
DEVI NUR ENDAH R_11103241073.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan pendekatan tutor sebaya untuk meningkatkan keterampilan berpakaian pada anak tunagrahita kategori sedang kelas IV di Sekolah Luar Biasa Negeri Pembina Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan subjek tunggal (Single Subject Research). Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, metode observasi, dan metode dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan disertai grafik sebagai penyajian datanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan tutor sebaya efektif untuk meningkatkan keterampilan berpakaian pada anak tunagrahita kategori sedang kelas IV di SLB N Pembina Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dengan hasil analisis pelaksanaan tes, hasil pencatatan durasi waktu, dan hasil observasi. Hasil pelaksanaan tes mengalami kestabilan dan rata-rata 9 poin pada fase baseline (A1) dan fase baseline (A2) Hasil pencatatan durasi waktu mengalami penurunan, sehingga dapat diketahui bahwa keterampilan subjek membaik dengan kecenderungan stabilitasnya 100%. Perubahan levelnya meningkat 5 poin pada fase baseline (A1), meningkat 7 poin pada fase intervensi (B), meningkat 8 poin pada fase baseline (A2). Hasil analisis observasi kecederungan stabilitas 100% serta menaik 12 poin. Data overlap menunjukkan 33,3% untuk hasil tes, sedangkan 0% untuk durasi waktu, sehingga pengaruh intervensi terhadap subjek dapat diyakini.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 30 Oct 2015 08:30
Last Modified: 30 Jan 2019 05:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27816

Actions (login required)

View Item View Item