SISTEM PEMBELAJARAN INKLUSIF BAGI ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN KELAS VA DI SEKOLAH DASAR NEGERI GADINGAN KULON PROGO

Citra, Ramadhani (2015) SISTEM PEMBELAJARAN INKLUSIF BAGI ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN KELAS VA DI SEKOLAH DASAR NEGERI GADINGAN KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
CITRA RAMADHANI_11103244040.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan sistem pembelajaran inklusif bagi anak tunagrahita kategori ringan kelas VA di SD Negeri Gadingan Kulon Progo. Penelitian ini bersifat kualitatif dalam bentuk penelitian studi kasus. Proses penelitian dilaksanakan dalam waktu satu bulan dengan rincian dua kali pertemuan pada setiap minggu. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari seorang siswa tunagrahita kategori ringan kelas VA, guru kelas VA, dan guru pendamping khusus (GPK). Peneliti mengobservasi selama proses pembelajaran pada mata pelajaran PKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, dan IPS yang dialokasikan dua kali observasi untuk masing-masing mata pelajaran. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode reduksi data, display data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa implementasi sistem pembelajaran inklusif bagi anak tunagrahita kategori ringan kelas VA di SD N Gadingan Kulon Progo belum optimal, masih terdapat kesenjangan dalam pelaksanaannya. Hal tersebut terlihat pada guru belum melaksanakan kegiatan asesmen untuk mengetahui kemampuan dan kebutuhan anak tunagrahita kategori ringan; perencanaan pemelajaran yang disusun belum sesuai dengan kondisi dan kemampuan individual anak tunagrahita kategori ringan; pelaksanaan pembelajaran masih lebih secara klasikal dan belum disesuaikan dengan keadaan anak tunagrahita kategori ringan, dan masih terdapat komponen-komponen sistem pembelajaran seperti metode, media, dan startegi pembelajaran yang belum berfungsi secara optimal; serta pada kegiatan evaluasi pembelajaran alat dan bahan evaluasi untuk anak tunagrahita kategori ringan tidak ada perbedaan dengan anak reguler.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 30 Oct 2015 08:25
Last Modified: 30 Jan 2019 05:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27815

Actions (login required)

View Item View Item