PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG KELAS III MELALUI BERMAIN PLAYDOUGH/ADONAN DI SEKOLAH LUAR BIASA DAMAYANTI YOGYAKARTA

Bernadeta, Rista Sisiliani (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG KELAS III MELALUI BERMAIN PLAYDOUGH/ADONAN DI SEKOLAH LUAR BIASA DAMAYANTI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
BERNADETA RISTA SISILIANI_09103244028.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatkan kemampuan motorik halus siswa tunagrahita kategori sedang kelas III di SLB Damayanti Yogyakarta melalui bermain playdough / adonan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus pertama terdiri dari 8 pertemuan dan siklus kedua 5 pertemuan. Setiap siklus diakhiri dengan post test. KKM yang ditetapkan yaitu 65%. Subyek dalam penelitian ini berjumlah dua siswa. Setting penelitian dilaksanakan di ruang kelas 3. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes perbuatan, wawancara dan observasi. Pengembangan instrumen penelitian melalui content validity atau validitas isi dengan meminta penilaian pakar atau expert judgement yaitu guru kelas. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan persentase dan penyajian data dalam bentuk tabel dan grafik histogram. Gerakan-gerakan yang dilakukan melalui bermain playdough ini diperlukan bagi anak ketika menghubungkan titik-titik, mewarnai dan menggunting. Anak membutuhkan kekuatan ketika memegang dan menggunakan alat tulis dan gunting, hal ini dapat dilatih melalui gerakan meremas. Siswa membutuhkan fleksibilitas pada jari- jemari dan pergelangan tangan ketika menggerakkan alat tulis, pensil warna serta gunting. Fleksibilitas ini dapat dilatih melalui gerakan meratakan, memipihkan, serta menggunakan pisau plastik. Meningkatkan kemampuan motorik halus anak tunagrahita kategori sedang dilakukan melalui bermain playdough / adonan serta siswa diberi pujian dan motivasi. Kesimpulan akhir yaitu bermain playdough / adonan kemampuan motorik halus anak tunagrahita kategori sedang meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 30 Oct 2015 08:21
Last Modified: 30 Jan 2019 05:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27814

Actions (login required)

View Item View Item