PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK AUTIS KELAS VII DI SLB AUTISMA DIAN AMANAH YOGYAKARTA

Atikah, Soesilowati (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK AUTIS KELAS VII DI SLB AUTISMA DIAN AMANAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
ATIKAH SOESILOWATI_11103244016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan media kartu angka terhadap kemampuan berhitung anak autis kelas VII di SLB Autisma Dian Amanah Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian ekperimen Single Subject Research (SSR) dengan pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan adalah AB-A’. Subjek penelitian yaitu seorang anak autis kelas VII SMPLB. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dan observasi. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan berhitung dan panduan observasi digunakan selama fase baseline-1, intervensi, dan baseline-2. Pengkajian dalam analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dalam kondisi dan analisis antarkondisi dan ditampilkan dengan bentuk tabel serta grafik. Hasil penelitian ini membuktikan kebenenaran hipotesisi yang berbunyi “pengaruh penggunaan media kartu angka terhadap kemampuan berhitung pada anak autis kelas VII di SLB Autisma Dian Amanah Yogykarta” diketahui pada baseline- 1, Intervensi dan baseline- 2 kemampuan berhitung subjek mengalami perubahan berupa persentase ketercapaian/keberhasilan dalam mengerjakan tes kemampuan berhitung. Penggunaan media kartu angka berpengaruh positif terhadap kemampuan berhitung. Pengaruh yang diberikan terhadap kemampuan berhitung tersebut ditunjukkan dengan bertambahnya persentase ketercapaian pada fase baseline- 1, intervesi dan baseline-2 yang didukung dalam analisis dalam kondisi berupa perubahan yang positif atau garis menunjukkan kenaikan dan analisis antar kondisi dengan persentase overlap yang rendah yaitu 0% yaitu tidak adanya data yang tumpang tindih dan pada persentase ketercapian sesi terakhir saat intervensi dan baseline-2 mencapai 100%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 03 Nov 2015 01:32
Last Modified: 30 Jan 2019 05:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27812

Actions (login required)

View Item View Item