Pengaruh Pelatihan Lesson Study terhadap Kompetensi Pedagogik, Motivasi Mengajar, dan Kesiapan Mengajar Guru SMK di Kota Yogyakarta dalam Implementasi Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik

Rezani, Rivandra (2015) Pengaruh Pelatihan Lesson Study terhadap Kompetensi Pedagogik, Motivasi Mengajar, dan Kesiapan Mengajar Guru SMK di Kota Yogyakarta dalam Implementasi Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-rivandra-rezani.pdf

Download (80kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan lesson study terhadap kompetensi pedagogik, motivasi mengajar, dan kesiapan mengajar guru. Penelitian ini merupakan quasi-experimental dengan desain one-group pretest-posttest. Tempat penelitian di 5 SMK Kota Yogyakarta yang mempunyai Program Keahlian Teknik Pemesinan. Subjek penelitian adalah guru Teknik Pemesinan. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen self assessment berupa angket yang diberikan kepada guru sebelum dan sesudah diberi pelatihan lesson study. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif yang meliputi: mean, nilai minimum, nilai maksimum, dan standar deviasi, kemudian dilakukan uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis menggunakan statistik parametrik dengan Paired-Samples T Test untuk data yang berdistribusi normal dan statistik nonparametrik dengan Wilcoxon Signed Ranks Test untuk data yang tidak berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada peningkatan yang signifikan kompetensi pedagogik guru sesudah mendapatkan pelatihan lesson study; (2) ada peningkatan yang signifikan motivasi mengajar guru sesudah mendapatkan pelatihan lesson study; (3) ada peningkatan yang signifikan kesiapan mengajar guru sesudah mendapatkan pelatihan lesson study.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS)
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Nov 2015 01:32
Last Modified: 08 May 2019 06:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27784

Actions (login required)

View Item View Item