HUBUNGAN LINGKUNGAN KERJA NON FISIK DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU SMA NEGERI DI KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA

FENANTI, TRIAS (2015) HUBUNGAN LINGKUNGAN KERJA NON FISIK DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU SMA NEGERI DI KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Trias Fenanti_11404244022.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hubungan antara lingkungan kerja non fisik dengan kepuasan kerja guru di SMA. (2) Hubungan antara motivasi kerja dengan kepuasan kerja guru di SMA, dan (3)Hubungan antara lingkungan kerja non fisik dan motivasi kerja secara bersama-sama dengan kepuasan kerja guru di SMA Negeri. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dan menurut metodenya merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMA Negeri yang ada di Kabupaten Sleman. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 110 responden yang terdiri dari 3 SMA Negeri yang ada di Kabupaten Sleman. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada hubungan positif dan signifikan antara variabel lingkungan kerja non fisik dengan variabel kepuasan kerja guru. Hal ini bisa dilihat nilai koefisien regresi sebesar 0,545, nilai sebesar 6,538, dan nilai signifikansi 0,000. (2) Ada hubungan positif dan signifikan antara variabel motivasi kerja dengan variabel kepuasan kerja guru. Hal ini bisa dilihat dari nilai koefisien regresi sebesar 0,430, nilai sebesar 5,820, dan nilai signifikansi 0,000. (3) Ada hubungan positif dan signifikan antara variabel lingkungan kerja non fisik dan motivasi kerja terhadap variabel kepuasan kerja guru. Hal ini bisa dilihat dari hasil uji F diperoleh F hitung 61,32 dengan signifikansi 0,000. Nilai signifikansi F 0,000 kurang dari 0,05 sehingga hal ini menunjukan bahwa variabel lingkungan kerja non fisik dan motivasi kerja secara bersama-sama mempengaruhi kepuasan kerja guru.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Aspek Pendidikan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 29 Oct 2015 05:18
Last Modified: 30 Jan 2019 05:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27744

Actions (login required)

View Item View Item