PELAKSANAAN PENDIDIKAN VOKASIONAL PENGELASAN BAGI ANAK TINDAK PIDANA DI PANTI SOSIAL MARSUDI PUTRA ANTASENA MAGELANG

Arif, Nur Hidayat (2015) PELAKSANAAN PENDIDIKAN VOKASIONAL PENGELASAN BAGI ANAK TINDAK PIDANA DI PANTI SOSIAL MARSUDI PUTRA ANTASENA MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
ARIF NUR HIDAYAT_11103244015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan vokasional pengelasan di Panti Sosial Marsudi Putra “ANTASENA” Magelang (selanjutnya disebut PSMP Antasena Magelang) diberikan kepada anak tindak pidana agar anak memiliki keterampilan dan mampu hidup mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kondisi komponen dan pelaksanaan pendidikan vokasional pengelasan bagi anak tindak pidana di PSMP Antasena Magelang. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah anak tindak pidana dan instruktur program ketrampilan pengelasan di PSMP Antasena Magelang. Objek penelitian ini berupa pendidikan vokasional pengelasan yang meliputi komponen, kelebihan, kendala, serta pelaksanaan pendidikan vokasional pengelasan di PSMP Antasena Magelang. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode analisis deskriptif. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan cara triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen pendidikan vokasional pengelasan di PSMP Antasena Magelang sudah berjalan sesuai dengan fungsinya. Walaupun kurikulum belum tersedia, tetapi pendidikan vokasional pengelasan mampu berjalan dengan baik. Hasil dari proses pembelajaran vokasional tersebut adalah anak dapat melakukan pengelasan seperti membuat tralis pintu, disamping itu secara kepribadian anak dapat menghargai karya, menghargai waktu dan dapat menjalin komunikasi yang baik dengan orang lain. Kelebihan dari pelaksanaan pendidikan vokasional pengelasan yaitu mengembangkan bakat, memberi pengalaman, mengisi waktu luang, dan rehabilitasi. Kendala dari pelaksanaan pendidikan vokasional pengelasan yaitu peralatan, dan tim pengajar. Pendidikan vokasional pengelasan di PSMP Antasena Magelang dilaksanakan tiga kali dalam seminggu, dengan total perbandingan 30% teori dan 70% praktek.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 27 Oct 2015 08:04
Last Modified: 30 Jan 2019 04:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27656

Actions (login required)

View Item View Item