KONTRIBUSI KESIAPAN KULIAH TERHADAP INDEKS PRESTASI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GOEGRAFI ANGKATAN 2010 FISE UNY

Ilmiyati, Ridha (2011) KONTRIBUSI KESIAPAN KULIAH TERHADAP INDEKS PRESTASI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GOEGRAFI ANGKATAN 2010 FISE UNY. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
KONTRIBUSI KESIAPAN KULIAH TERHADAP INDEKS PRESTASI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GOEGRAFI ANGKATAN 2010 FISE UNY.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui 1) seberapa besar kesiapan fisik, kesiapan psikis, kesiapan materi dan indeks pre stasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi angkatan 2010, 2) Kontribusi kesiapan fisik, kesiapan psikis dan kesiapan materi terhadap indeks prestasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi angkatan 2010 Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Geografi FISE UNY pada bulan Mei. Variabel dalam penelitian ini adalah kesiapan fisik, kesiapan psikis, kesiapan materi dan indeks prestasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi angkatan 2010 yang berjumlah 98 mahasiswa, maka penelitian ini merupakan penelitian populasi. Pengambilan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis statistik, yaitu Regresi Ganda dengan tiga prediktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tingkat kesiapan kuliah mahasiswa yang terdiri dari variabel kesiapan fisik, kesiapan psikis dan kesiapan materi rata-rata berada pada kategori sedang serta indeks prestasi mahasiswa berada pada kategori sangat memuaskan. Hasil ini ditunjukkan dengan nilai persentase, yaitu nilai persentase kesiapan fisik sebesar 68,4% , kesiapan psikis sebesar 71,4%, dan kesiapan materi sebesar 72,4% serta nilai persentase indeks prestasi sebesar 78,6%. (2) Ada kontribusi positif dan signifikan kesiapan kuliah terhadap indeks prestasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi angkatan 2010 FISE UNY. Hasil ini ditunjukkan dari nilai nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel (15,763>2,701). Nilai determinan (R2) sebesar 0,338 yang berarti bahwa 33,8% varian indeks prestasi dapat dipengaruhi oleh variabel kesiapan fisik, kesiapan psikis dan kesiapan materi. Sedangkan sisanya 66,2% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Sumbangan terbesar yang diberikan kepada indeks pre stasi adalah kesiapan fisik, yaitu sebesar 12,85% dan diikuti oleh kesiapan psikis sebesar 10,62% dan kesiapan materi sebesar 10,34%. Kata Kunci: Kesiapan Fisik, Kesiapan Psikis, Kesiapan Materi, Indeks Prestasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 26 Oct 2015 07:54
Last Modified: 30 Jan 2019 04:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27596

Actions (login required)

View Item View Item