SEJARAH DAN PERKEMBANGAN KESENIAN GEJOG LESUNG DI SANGGAR LANGIT ALANG-ALANG GUNUNG GEMPAL KECAMATAN WATES KABUPATEN KULON PROGO

Sari, Dita Pertama (2015) SEJARAH DAN PERKEMBANGAN KESENIAN GEJOG LESUNG DI SANGGAR LANGIT ALANG-ALANG GUNUNG GEMPAL KECAMATAN WATES KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI_11208244047.pdf
Restricted to Registered users only until 2030.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan kesenian Gejog Lesung dari aspek iringan, gerak, rias dan bentuk penyajian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah pelaku kesenian Gejog Lesung, tokoh masyarakat dan sesepuh. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan mengambil kesimpulan. Keabsahan data diperoleh dengan menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut. Pada tahun 1950-an hanya berupa kotekan lesung dijaman alm. Bapak Wirontani selaku pemilik Lesung yang ada di Sanggar Langit Alang-Alang yang mengalami masa surut dan vakum selama bertahun-tahun. Pada tahun 2013 kesenian Gejog Lesung dihidupkan oleh Sanggar Langit Alang-Alang. Kesenian Gejog Lesung sanggar Langit Alang-Alang mempunyai fungsi sebagai (1) hiburan, (2) pemersatu masyarakat (3) pelestarian kebudayaan. Sebuah kesenian tradisional kerakyatan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor pendukung, diantaranya (1) diterapkan sistem kekeluargaan, (2) pembinaan untuk pengembangan kesenian Gejog Lesung, (3) mendapatkan dukungan dari pemerintah dan masyarakat setempat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sejarah, Perkembangan, Gejog Lesung
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 26 Oct 2015 06:46
Last Modified: 30 Jan 2019 04:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27576

Actions (login required)

View Item View Item