STRATEGI PEMBELAJARAN MUSIK ANAK DI SANGGAR NAFS-I-GIRA YOGYAKARTA

Saraswati, Melania Septian Desti (2015) STRATEGI PEMBELAJARAN MUSIK ANAK DI SANGGAR NAFS-I-GIRA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI PDF.pdf
Restricted to Registered users only until 2030.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran yang digunakan di Sanggar Nafs-i-gira Yogyakarta. Fokus penelitian ini adalah strategi pembelajaran musik anak di Sanggar Nafs-i-gira dan mendeskripsikan tujuan, materi, metode serta media pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah Yulius Panon Pratomo dan Agatha Fabyan. Data-data diperoleh melalui observasi partisipasi aktif, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang dalam proses pembelajaran adalah 1) Strategi pembelajaran langsung dan strategi pembelajaran interaktif; 2) Tujuan pembelajaran yaitu, ingin mewujudkan musik sebagai kemampuan milik semua orang, memberikan suasana bermusik yang mudah dan menyenangkan dan dapat dijadikan sebagai alat untuk berteman dan terlibat dalam kehidupan masyarakat. 3) Materi pembelajaran terdiri dari 3 tahun ajaran yaitu, tahun I menyanyi, tahun II memainkan alat musik dan tahun III paduan nada. 4) Metode pembelajaran yaitu, metode ceramah, metode demonstrasi, metode diskusi, metode simulasi dan metode drill. 5) Media pembelajaran yang digunakan adalah media visual berupa gambar, buku bacaan anak dan media audiovisual berupa video.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran, musik anak, sanggar
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 26 Oct 2015 06:40
Last Modified: 30 Jan 2019 04:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27574

Actions (login required)

View Item View Item