Pengaruh Model Collaborative Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD Se-Gugus Makukuhan Kabupaten Magelang

Meitasari, Fitriyana (2015) Pengaruh Model Collaborative Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD Se-Gugus Makukuhan Kabupaten Magelang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-fitriyana-meitasari-13712251001.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model collaborative learning terhadap motivasi belajar IPA SD se-Gugus Makukuhan Kabupaten Magelang, mengetahui pengaruh model collaborative learning terhadap prestasi belajar IPA SD se-Gugus Makukuhan Kabupaten Magelang, dan mengetahui pengaruh model collaborative learning terhadap motivasi dan prestasi belajar IPA SD se-Gugus Makukuhan Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD se-gugus Makukuhan Kabupaten Magelang. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Penentuan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dipilih secara acak. Sampel yang terpilih adalah siswa kelas V SDN Windusari 1 sebagai kelompok eksperimen 1 dengan jumlah 22 siswa dan SDN Windusari 2 sebagai untuk kelompok eksperimen 2 dengan jumlah 23 siswa yang keduanya menerapkan model collaborative learning serta SDN Kembangkuning 1 sebagai kelompok kontrol dengan jumlah 21 siswa yang menerapkan model STAD. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar, soal tes essai prestasi belajar IPA dan lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran. Data hasil angket motivasi dan tes prestasi belajar IPA dianalisis secara univariat menggunakan statistik uji independent sample t-test pada taraf signifikansi 5% untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran terhadap masing-masing variabel. Data selanjutnya dianalisis secara multivariat menggunakan uji MANOVA T² Hotelling pada taraf signifikansi 5% untuk mengetahui pengaruh model terhadap kedua variabel secara bersama-sama Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) collaborative learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar dengan nilai signifikansi 0,00 (independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05). 2) collaborative learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPA dengan nilai signifikansi 0,00 (independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05). 3) collaborative learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar IPA dengan nilai signifikansi 0,00 (MANOVA T² Hotelling dengan taraf signifikansi 0,05). Keseluruhan uji dan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model collaborative learning lebih berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi dan prestasi belajar IPA pada siswa kelas V SD se-Gugus Makukuhan, Kabupaten Magelang

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model collaborative learning, motivasi belajar, prestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 Oct 2015 08:57
Last Modified: 09 May 2019 03:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27570

Actions (login required)

View Item View Item