UPAYA PENINGKATAN MINAT SISWA DALAM EKSTRAKURIKULER ANSAMBEL MELALUI ARANSEMEN MUSIK POP SEDERHANA DI SMP NEGERI 1 SAMIGALUH

Ekasanti, Zefanya Galuh (2012) UPAYA PENINGKATAN MINAT SISWA DALAM EKSTRAKURIKULER ANSAMBEL MELALUI ARANSEMEN MUSIK POP SEDERHANA DI SMP NEGERI 1 SAMIGALUH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Zefanya Galuh Ekasanti, 08208241016.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat siswa dalam ekstrakurikuler ansambel melalui aransemen musik pop sederhana. Sebelum dilaksanakan penelitian pembelajaran ansambel kurang diminati oleh siswa, sehingga mempengaruhi prestasi yang dicapai siswa yakni tergolong rendah. Guru memiliki tanggung jawab untuk menjaga kualitas pendidikan, dengan cara mencari solusi masalah yang dihadapi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Classroom Action Research (CAR) model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa yang mengikuti ekstrakurikuler ansambel, terdiri dari 20 siswa SMP Negeri 1 Samigaluh yang beralamat di Gerbosari, Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan pada jam pembelajaran ekstrakurikuler. Pengumpul datayang digunakandalampenelitianiniberupa pedoman observasi, pedoman wawancara, catatan harian, dokumentasi, tes penampilan, dan angket. Analisis data minat siswa dianalisis secara deskriptif kualitatif menggunakan teknik trianggulasi yaitu memeriksa keabsahan data dengan memperoleh data dari sumber lain dan persentase sebagai perbandingan nilai rata-rata skor prestasi antara sebelum dan sesudah menerapkan aransemen musik pop sederhana pada materi lagu ansambel. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil pembelajaran, yakni sebelum penelitian siswa yang mendapatkan nilai KKM 75 sejumlah 2 siswa (10%) dan yang belum tuntas 18 siswa (90%). Setelah diadakan tindakan pada siklus I siswa yang tuntas hanya 6 siswa (30%), sehingga perlu dilanjutkan dengan tindakan siklus II. Pada siklus II siswa yang tuntas 20 siswa (100%) dengan minimal nilai yang diperoleh siswa adalah 75. Peningkatan dari sebelum dilaksanakan tindakan ke siklus I adalah 11,6%, dan peningkatan dari sebelum tindakan ke siklus II adalah 32,8%. Berdasarkan kriteria keberhasilan apabila siswa yang mendapat nilai minimal 75 lebih dari 75%, maka dapat dikatakan berhasil. Ditinjau dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebelum menerapkan aransemen musik pop sederhana yakni 63,25 dan setelah menerapkan aransemen sederhana musik pop menjadi 80,00 atau mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Minat siswa, Ansambel , Aransemen Musik Pop Sederhana
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 26 Oct 2015 02:37
Last Modified: 30 Jan 2019 04:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27517

Actions (login required)

View Item View Item