HUBUNGAN ANTARA SIKAP TERHADAP PERTUNJUKAN MUSIK DENGAN JENIS KEPRIBADIAN ANAK DI PANTI SOSIAL ASUHAN BUDHI BHAKTI KEPEK WONOSARI

etyawan, Pungky S (2012) HUBUNGAN ANTARA SIKAP TERHADAP PERTUNJUKAN MUSIK DENGAN JENIS KEPRIBADIAN ANAK DI PANTI SOSIAL ASUHAN BUDHI BHAKTI KEPEK WONOSARI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pungky Setyawan, 05208241036.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sikap terhadap pertunjukan musik dengan kepribadian. Sikap terhadap pertunjukan musik adalah respon seseorang terhadap kegiatan ekspresi karya seni musik. Adapun kepribadian anak adalah ciri-ciri watak seorang anak yang konsisten, yang memberikan kepadanya suatu identitas sebagai individu yang khusus. Dua variabel yang diidentifikasi pada penelitian ini, yaitu variabel sikap terhadap pertunjukan musik sebagai variabel bebas dan variabel kepribadian sebagai variabel terikat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis korelasi. Populasi keseluruhan berjumlah 60 anak dan pengambilan sampel sebanyak 30 anak dilakukan secara acak. Validitas instrumen menggunakan analisis korelasi product moment dengan cara mengkorelasikan sekor item dengan skor total. Reliabelitas instrumen menggunakan analisis Cronbach, dan untuk membuktikan hipotesis korelasi antara variabel X dan variabel Y digunakan rumus product moment dari Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Koefesian korelasi sikap terhadap pertunjukan dengan kepribadian anak panti asuhan Budhi Bhakti Kepek Wonosari Gunungkidul tidak berkorelasi secara positif dan signifikan. Dengan demikian sikap terhadap pertunjukan musik tidak ada hubungannya dengan jenis kepribadian tertentu.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pertunjukan musik, panti sosial asuhan budhi bhakti kepek
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 26 Oct 2015 01:54
Last Modified: 30 Jan 2019 04:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27509

Actions (login required)

View Item View Item