PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR ANSAMBEL MUSIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS-GAMES-TOURNAMENT) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 YOGYAKARTA

Purwanti, Monica Asri (2012) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR ANSAMBEL MUSIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS-GAMES-TOURNAMENT) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Monica Asri Purwanti, 08208241003.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar ansambel musik antara sebelum diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan sesudah diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Yogyakarta. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih ditemukan adanya kecenderungan guru mendominasi dan meminimalkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran ansambel musik di SMP Negeri 2 Yogyakarta Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian Pre-Experimental Design dan desain penelitiannya adalah One Group Pretest and Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Yogyakarta sebanyak 241 siswa yang terdiri dari 7 kelas. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling. Berdasarkan pengambilan sampel dengan teknik tersebut diperoleh kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yaitu pretest dan posttest bermain ansambel musik. Validitas instrumen dilakukan dengan rumus Product Moment Pearson, sedangkan reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Setelah itu dilakukan uji normalitas dengan menggunakan teknik Chi Square (χ2 ), uji homogenitas menggunakan One-Way Anova dan data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan uji beda (t) menggunakan teknik Paired Samples T-test. Berdasarkan pengujian hipotesis, diperoleh hasil perhitungan uji-t yaitu nilai thitung > ttabel (16.213 > 2,021) dengan taraf signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan rata-rata nilai dari hasil belajar ansambel musik kelas eksperimen dengan selisih sebesar 14,93. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe TGT efektif digunakan dalam meningkatkan prestasi belajar ansambel musik siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Yogyakarta. Maka, hipotesis yang berbunyi ”Terdapat perbedaan prestasi belajar ansambel musik yang signifikan antara sebelum diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams-Games-Tournament) dengan sesudah diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams-Games- Tournament) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Yogyakarta” tidak ditolak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Ansambel, tipe TGT, SMP N 2 Yogyakarta
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 26 Oct 2015 01:14
Last Modified: 30 Jan 2019 04:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27489

Actions (login required)

View Item View Item