EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) DALAM PEMBELAJARAN TEORI MUSIK DI SMP N 2 MLATI, SLEMAN, YOGYAKARTA

Pesiwarissa, Mariance (2012) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) DALAM PEMBELAJARAN TEORI MUSIK DI SMP N 2 MLATI, SLEMAN, YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Mariance Pesiwarissa, 08208241018.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa yang menggunakan model cooperative learning tipe Team Game Tournament (TGT) dengan prestasi belajar siswa yang tidak menggunakan model cooperative learning tipe Team Game Tournament (TGT) dalam pembelajaran teori musik. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperiment dengan desain Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 146 siswa di SMP N 2 Mlati, Sleman, Yogyakarta. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik sampling purposive. Adapun jumlah sampel 73 siswa yang terbagi atas kelas eksperimen berjumlah 37 siswa pada kelas VIII A dan kelas kontrol berjumlah 36 siswa pada kelas VIII B. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis komparatif dengan uji beda (uji - t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat perbedaan prestasi belajar kelas yang diajar menggunakan model cooperative learning tipe Team Game Tournament (TGT) (pada kelompok eksperimen), dengan prestasi belajar kelas yang tidak diajar dengan model cooperative learning tipe Team Game Tournament (TGT) (pada kelompok kontrol). Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan rata-rata dari prestasi belajar kelompok eksperimen dan kontrol, yang ditunjukkan dengan perolehan rata-rata skor prestasi belajar kelompok eksperimen yaitu 73,78 dan ratarata skor prestasi belajar kelompok kontrol yaitu 63,06. Selisih rata-rata kelompok eksperimen dan kontrol sebesar 10,72. Dari hasil perhitungan uji t diperoleh nilai t hitung > t tabel (2,937> 1,994) dengan taraf signifikansi < 0,05 (0,004 < 0,05), yang artinya Ha yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang diajar menggunakan model cooperative learning tipe Team Game Tournament (TGT) dengan kelas yang tidak diajar model cooperative learning tipe Team Game Tournament (TGT) diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model cooperative learning tipe Team Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan prestasi belajar teori musik siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Cooperative learning, team game tournament, SMP N 2 Mlati
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 26 Oct 2015 01:02
Last Modified: 30 Jan 2019 04:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27487

Actions (login required)

View Item View Item