PERBEDAAN SKOR PEMAHAMAN MEMBACA ARTIKEL ANTARA MAHASISWA YANG DIPERDENGARKAN LAGU AIR KARYA JOHANN SEBASTIAN BACH DAN YANG TIDAK DIPERDENGARKAN LAGU AIR DI PMK MELISIA CHRISTI

Yeremia, Magpias (2012) PERBEDAAN SKOR PEMAHAMAN MEMBACA ARTIKEL ANTARA MAHASISWA YANG DIPERDENGARKAN LAGU AIR KARYA JOHANN SEBASTIAN BACH DAN YANG TIDAK DIPERDENGARKAN LAGU AIR DI PMK MELISIA CHRISTI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Magpias Yeremia, 05208244057.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian komparasi yaitu membandingkan skor pemahaman membaca artikel antara mahasiswa yang diperdengarkan lagu Air Karya Johann Sebastian Bach dengan yang tidak diperdengarkan lagu Air. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji seberapa besar perbedaan skor pemahaman membaca tersebut dengan menggunakan metode kuantitatif. Dalam penelitian ini populasi mahasiswa yang tergabung di komunitas PMK Melisia Christi berjumlah 31 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling acak sederhana untuk mengambil 30 orang sebagai sampel. Kemudian 30 orang tersebut dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing terdiri dari 15 orang. Pengujian instrumen penelitian menggunakan korelasi product moment dari Pearson dan Alfa Cronbach sedangkan analisis data menggunakan uji beda (independen sample t-tes) pada taraf signifikansi 0,05 dengan bantuan program SPSS For Windows. Hasil perhitungan pada uji beda antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menghasilkan t hitung sebesar 0,847 yang kemudian dibandingkan dengan t tabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 1,701 dimana t hitung < t tabel. Apabila t hitung > t tabel maka Ha atau hipotesis kerja diterima, dan apabila t hitung < t tabel maka Ha ditolak. Dari hasil analisis penelitian Menunjukkan bahwa t hitung < t tabel maka Ha ditolak, sehingga tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam skor pemahaman membaca artikel antara mahasiswa yang diperdengarkan lagu Air karya Johann Sebastian Bach dan yang tidak diperdengarkan lagu Air di PMK Melisia Christi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perbedaan skor, Lagu air, , johan sebastian bach
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 26 Oct 2015 00:53
Last Modified: 30 Jan 2019 04:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27485

Actions (login required)

View Item View Item