FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB BERALIHNYA MINAT MASYARAKAT SUNGAI GERINGGING DARI HIBURAN TARI PIRING KE ORGAN TUNGGAL DALAM ACARA BARALEK

Arifin, Jalil (2012) FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB BERALIHNYA MINAT MASYARAKAT SUNGAI GERINGGING DARI HIBURAN TARI PIRING KE ORGAN TUNGGAL DALAM ACARA BARALEK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Jalil Aripin, 07208241005.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab beralihnya minat masyarakat Sungai Geringging pada hiburan organ tunggal dalam acara Baralek. Hiburan dalam acara Baralek di Sungai Geringging yaitu tari Piring dan Organ tunggal. Objek dalam penelitian ini adalah hiburan dalam acara Baralek. Pendekatan dalam penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif mengikuti pandangan Fenomenologis. Pengumpulan data yaitu dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap sumber-sumber yang telah ditentukan. Untuk memeriksa keabsahan data digunakan metode triangulasi teknik yakni menggunakan bermacam teknik pengumpulan data pada sumber yang sama (penyelenggara hajatan, tokoh adat dan masyarakat umum) dan triangulasi sumber yakni menggunakan salah satu teknik pengumpulan data pada sumber yang berbeda. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa faktor-faktor penyebab beralihnya minat masyarakat Sungai Geringging dari hiburan Tari Piring ke Organ Tunggal dalam acara Baralek ditinjau dari segi budaya dan ekonomi. Dari segi budaya yaitu (1) lunturnya budaya tari piring, hal ini disebabkan oleh sanggar tari piring yang semakin sedikit, penyajian tari piring yang semakin merosot yaitu kostum yang tidak sesuai dan tidak menggunakan koreografi; dan pengaruh hiburan modern yaitu organ tunggal. (2) ketidaktepatan waktu pementasan dan perbedaan Antusiasme masyarakat saat menyaksikan hiburan. Dari segi ekonomi yaitu (1) perbedaan golongan ekonomi dalam memilih hiburan. masyarakat dari golongan menengah ke bawah memilih hiburan Tari Piring, sedangkan golongan menengah atas memilih hiburan Organ Tunggal. (2) keuntungan materi dari hiburan organ tunggal. Tari Piring membutuhkan biaya yang relatif murah. Organ tunggal membutuhkan biaya besar tetapi mendapatkan keuntungan materi yang besar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: sungai geringin , tari piring, organ tunggal
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 26 Oct 2015 00:47
Last Modified: 30 Jan 2019 04:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27484

Actions (login required)

View Item View Item