STUDI KOMPARATIF MEDIA POWER POINT DENGAN MEDIA AUDIO TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SENI MUSIK DI SMA BOPKRI 2 YOGYAKARTA

Priyantoro, Aldino Vedra (2012) STUDI KOMPARATIF MEDIA POWER POINT DENGAN MEDIA AUDIO TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SENI MUSIK DI SMA BOPKRI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Aldino Vedra Priyantoro, 05208244037.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil prestasi belajar siswa dan seberapa besar hasil prestasi belajar siswa antara penggunaan media power point dengan media audio pada mata pelajaran seni musik di SMA BOPKRI 2 Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif untuk studi komparatif menggunakan quasi experimental design (desain eksperimen semu). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMA BOPKRI 2 Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012, sedangkan sampel menggunakan simple random sampling. Terdapat lima kelas untuk kelas X di SMA BOPKRI 2 Yogyakarta. Untuk pengundian kelompok media power point jatuh pada kelas XD dengan jumlah siswa 22 dan kelas XE dengan jumlah siswa 23. Jumlah total siswa kelompok media power point sebanyak 45 orang, sedangkan media audio jatuh pada kelas XA dengan jumlah siswa 23 dan kelas XB dengan jumlah siswa 22. Jumlah total siswa kelompok media audio sebanyak 45 orang. Instrumen penelitian dilakukan dengan tes dan angket. Teknik pengumpulan data dibagi menjadi tiga tahap yaitu tahap pra eksperimen, tahap eksperimen, dan tahap perhitungan data. Sedangkan, uji hipotesis menggunakan t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara media power point dan media audio terhadap peningkatan prestasi belajar mata pelajaran seni musik di SMA BOPKRI 2 Yogyakarta, yaitu hasil prestasi belajar menggunakan media audio lebih tinggi nilainya dibadingkan dengan menggunakan media power point. Rerata nilai media power point sebesar 8,01, sedangkan rerata nilai media audio sebesar 8,82. Terbukti dari hasil analisis uji-t diketahui bahwa untuk t-hitung post-test prestasi belajar seni musik 6,513 dan ttabel 1,987 pada taraf signifikansi 0,000 (t-hitung = 6,513 > 1,987). Sehingga, dapat dikatakan bahwa pada keadaan selanjutnya (setelah mendapat “perlakuan”), ada perbedaan yang signifikan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Power Point, Media Audio, SMA Bopkri 2 Yogyakarta
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 23 Oct 2015 06:26
Last Modified: 30 Jan 2019 04:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27460

Actions (login required)

View Item View Item