Peningkatan Pendidikan Anak di Daerah Eksploitasi Pertambangan Mangan Desa Sifaniha, Kecamatan Biboki Anleu, Kabupaten Timur Tengah Utara (TTU)

Tae, Afni pascalia vidapriyanti (2015) Peningkatan Pendidikan Anak di Daerah Eksploitasi Pertambangan Mangan Desa Sifaniha, Kecamatan Biboki Anleu, Kabupaten Timur Tengah Utara (TTU). S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-afni-pascalia-vidapriyanti-tae.pdf

Download (155kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pandangan orangtua tentang anak di Desa Sifaniha, (2) mendeskripsikan hubungan pertambangan mangan dengan pendidikan anak dan, (3) melakukan upaya dalam meningkatkan pendidikan anak di Desa Sifaniha. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Sifaniha, Kecamatan Biboki Anleu, Kabupaten TTU. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui PRA (Participatory Rural Appraisal) dan PAR (Participatory Action Research). Data penelitian diperoleh melalui teknik survei, observasi, wawancara, FGD (Focus Group Discussion), catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pandangan orangtua tentang anak turut berpengaruh terhadap terabaikannya pendidikan anak di Desa Sifaniha, ( 2) pertambanganmangan sangat berpengaruh terhadap tingkat partisipasi pendidikan anak di Desa Sifaniha dan, (3) upaya peningkatan pendidikan anak di Desa Sifaniha dilakukan dengan melibatkan masyarakat pertambangan Desa Sifaniha sehingga solusi yang diperoleh juga berdasarkan pengetahuan yang dimiliki masyarakat yakni melalui sosialisasi dan penyelenggaraan kelas pendidikan non formal bagi pekerja anak yang putus sekolah.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS)
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Oct 2015 08:42
Last Modified: 08 May 2019 06:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27275

Actions (login required)

View Item View Item