PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PERMAINAN MENCARI JEJAK ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS III

Amin, Rahmat (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PERMAINAN MENCARI JEJAK ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS III. S1 thesis, FIP.

[img] Text
08103244020_RAHMAT AMIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui permainan mencari jejak anak tunagrahita ringan kelas III Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah anak tunagrahita ringan kelas III di SLB N 1 Bantul yang berjumlah 4 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi dan tes memahami bacaan. Analisis data yang digunakan diskriptif kuantitatif dengan uji wilcoxon signed ranks test. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan permainan mencari jejak dalam pembelajaran membaca pemahaman dapat meningkatkan kemampuan membaca anak tunagrahita kelas II di SLB N 1 Bantul. Hal ini terbukti dalam hasil tes kemampuan memahami bacaan, penigkatan kemampuan membaca pemahaman dapat dilihat dari nilai individu masing-masing anak saat pre test, post test I dan post test II. Pre test subyek pertama mendapatkan skor 40, post test I mendapatkan skor 55, post test II meningkat menjadi 75. Subyek 2 pada pre test memperoleh skor 30, post test I mendapatkan skor 40 dan post test II meningkat menjadi 65. Subyek 3 pre test memperoleh skor 60, post test I mendapatkan skor 65 dan post test II meningkat menjadi 85. Subyek 4 pada pre test memperoleh skor 35, post test I mendapatkan skor 45 dan post test II meningkat menjadi 65. Berdasarkan uji statistik wilcoxon dengan SPSS 11.5 didapatkan nilai Z = 2 dan α hitung = 0,046, pada tingkat kepercayaan 95% (α = 0,05) nilai α hitung lebih kecil dari nilai α maka H0 ditolak dan ha diterima, sehingga bisa disimpulkan terdapat perbedaan sebelum dan sesudah digunakannya permainan mencari jejak untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada anak tunagrahita ringan kelas III di SLB N 1 Bantul.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 20 Oct 2015 03:48
Last Modified: 30 Jan 2019 04:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27224

Actions (login required)

View Item View Item