UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BERMAIN TRUMPET SISWA KELAS X A MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DI SMK NEGERI 8 SURAKARTA

Saputra, Verdian Angga (2015) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BERMAIN TRUMPET SISWA KELAS X A MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DI SMK NEGERI 8 SURAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI VERDIAN ANGGA_PSM_11208241028.pdf
Restricted to Registered users only until 2030.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam bemain trumpet melalui media audio visual pada mata pelajaran Memainkan Instrumen Individu (MII) Trumpet di SMK Negeri 8 Surakarta. Penggunaan media audio visual diharapkan dapat menambah kemampuan pemahaman bermain trumpet sehingga siswa mampu meningkatkan hasil pembelajaran serta mengurangi dominasi guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research yang terdiri atas dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dalam empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X A yang berjumlah 8 orang dan seorang guru sebagai kolaborator. Instrumen yang digunakan berupa tes praktik setelah dilakukan tindakan pembelajaran dengan menggunakan media audio visual. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi dan tes. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas proses, hasil dan demokratis. Analisis data pada penelitian ini melalui observasi dan tes praktik yang kemudian dianalisis secara diskriptif untuk penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam bermain trumpet. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai yang dicapai siswa, yaitu perolehan nilai tuntas dengan kategori B pada pra siklus sebanyak 1 dari 8 siswa atau dengan prosentase keberhasilan sebesar 12,5%, kemudian meningkat prosentase keberhasilan menjadi 37,5% pada siklus I dengan jumlah siswa yang mendapat nilai ketuntasan dengan kategori B sebanyak 3 siswa dan meningkat lagi menjadi 87,5% pada siklus II dengan jumlah siswa yang mencapai hasil tuntas sebanyak 7 dari 8 siswa. Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa media audio visual dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam bermain Trumpet pada mata pelajaran MII Trumpet di SMK Negeri 8 Surakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media audio visual, peningkatan bermain trumpet
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 19 Oct 2015 03:15
Last Modified: 30 Jan 2019 04:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27160

Actions (login required)

View Item View Item