UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERNYANYI SISWA KELAS V MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO DI SD N NGRINGIN CONDONGCATUR, SLEMAN, YOGYAKARTA

Pamungkas, Faizun Hesti (2015) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERNYANYI SISWA KELAS V MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO DI SD N NGRINGIN CONDONGCATUR, SLEMAN, YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Registered users only until 2030.

Download (56MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan mendeskripsikan kemampuan siswa dalam bernyanyi melalui penggunaan media audio pada siswa-siswi kelas V di SD N Ngringin Condongcatur. Digunakannya media audio karena media tersebut merupakan salah satu media pembelajaran yang berkaitan dengan pendengaran, yang dapat digunakan dalam pembelajaran musik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V di SD N Ngringin Condongcatur yang berjumlah 31 siswa. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar penilaian tes kemampuan bernyanyi. Validitas dalam penelitian ini yaitu validitas demokratik, hasil, proses, dialogis, dan katalik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan persentase skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio dalam proses pembelajaran bernyanyi siswa kelas V SD N Ngringin Condongcatur dapat meningkatkan kemampuan anak dalam bernyanyi. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan perolehan peningkatan nilai rata-rata dari hasil evaluasi bernyanyi yaitu pra siklus 67,21 , siklus I 69,36 , dan siklus II 77,90.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kemampuan, bernyanyi, media audio
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 19 Oct 2015 03:09
Last Modified: 30 Jan 2019 04:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27157

Actions (login required)

View Item View Item